Dorong Partisipasi Politik di Era Media Sosial Digital

Dorong Partisipasi Politik di Era Media Sosial Digital

JAMBI - Guna memacu partisipasi politik pemilih serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran politik pemilih pemula khususnya pada Pemilihan Umum Legislatif secara langsung, baik Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota, Pemilihan Umum Presiden atau Wakil Presiden serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi, kemarin (24/2) menggelar Sosialisasi pendidikan politik tahun 2022 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

\"Pimpinan

Kegiatan dibuka langsung Bupati Tanjung Tabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag yang diwakili Pimpinan Tinggi Pratama Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Dahlan, didampingi Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti, SE., ME, yang diwakili Kepala Bidang Partisipasi Politik Politik, Suwardi, S.Ag, dan Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

\"Kepala

Dalam sambutannya, H. Dahlan menjelaskan kegiatan ini penting dilakukan karena sebagai pemilih pemula harus diberikan pemahaman yang lebih apalagi di era digital saat ini, dimana informasi yang ada sangat terbuka tetapi perlu pemahaman yang baik agar nilai informasi itu dapat terserap dengan baik bukan sebaliknya.

\"Peserta

\"Dimasa saat ini, kita akui bahwa informasi bisa didapatkan dari mana saja, maka dari itu harus adanya pemahaman dan penerapan kesadaran politik yang baik bagi para pemilih pemula ini. Agar informasi politik yang baik itu dapat tersampaikan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan para pemimpin yang baik pula,\" jelas H.Dahlan, Pimpinan Tinggi Pratama Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Tanjab Barat.

\"Peserta

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Partisipasi Politik, Suwardi, S.Ag, menjelaskan Sosialisasi ini adalah kegiatan strategis dalam upaya peningkatan pemahaman yang sama terhadap Undang Undang Politik terutama Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

\"KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, dimana pada Pemilu kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu pendidikan serta peningkatan budaya politik sangat diperlukan guna mewujudkan demokrasi berkualitas yang mengedepankan pemahaman etika dan budaya politik serta siap dengan segala aturan yang ada,\" jelas Kepala Bidang Partisipasi Politik Politik Bankesbangpol Provinsi Jambi, Suwardi, S.Ag.

Kegiatan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari pelajaran dan mahasiswa di lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Para peserta juga mendapatkan materi dari berbagai narasumber yang berkompeten antara lain, Kaban Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Anggota DPRD Provinsi Jambi Komisi I Dapil Tanjung Jabung Barat dan narasumber lainnya. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: