Konsorsium dengan 3 PT, Unja Upayakan Kerjasama Universitas Gottingen-Jerman

Konsorsium dengan 3 PT, Unja Upayakan Kerjasama Universitas Gottingen-Jerman

JAMBI - Universitas Jambi menjadi fasilitator konsorsium 3 perguruan tinggi di Indonesia. Dimana ketiganya bertemu membahas berbagai rencana pengajuan proyek kerjasama dengan Universitas Gottingen, Jerman, Sabtu (12/3) di Swissbell Hotel.

Adapun ketiga universitas yang masuk dalam konsorsium tersebut adalah Unja, Universitas Tadulako dan IPB.

Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D, mengatakan konsorsium adalah sarana research collaboratif Unja dengan perguruan tinggi lainnya. Diharapkan nanti keluaran riset akan mempunyai dampak luas. \"Tidak hanya bagi para peneliti yang terdiri dari dosen, tapi juga ada mahasiswa yang akan dilibatkan,\" katanya usai acara.

Dengan adanya kegiatan ini Unja tentunya berharap terbentuk ikatan yang berpola kedepannya. Sehingga resource yang ada di Unja dapat terlihat. Kesempatan ini merupakan peluang yang luar biasa untuk berikutnya. Karena menjalin relasi bukanlah hal yang biasa, butuh orang-orang yang komitmen dengan pekerjaan. \"Perbaikan tata kelola riset, reputasi, dan tata kelola antar universitas, merupakan suatu hal yang diharapkan dari ini nantinya, demi perbaikan platform Unja kedepannya,\" ujar Rektor.

Dampak lebih luas lagi tentu saja penelitian bisa berkontribusi nyata pada universitas, masyarakat hingga pemerintah. Tapi, lanjutnya yang lebih penting adalah dampak kepada masyarakat secara langsung. \"Saya harap semua hasil penelitian ini nanti bisa memberi dampak positif ke masyarakat dan paling penting dampak ke mahasiswa yang bermuara pada merdeka belajar kampus merdeka,\" tandasnya.

Ketua Konsorsium, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si, menambahkan, pembahasan ini penting untuk membicarakan rencana dan proposal-proposal yang akan diajukan ke Gottingen, sebagai mitra. Kerjasama dengan Gottingen, sangat strategi, apalagi untuk meningkatkan kualitas universitas. \"Unja bersama Universitas Tadulako dan IPB sebagai mitra strategis. Kami akan terus meningkatkan kerjasama demi bisa menggolkan proposal kami,\" katanya usai pertemuan dengan para perwakilan perguruan tinggi dan inisiator konsorsium, Dr. Aiyen Tjoa.

Sementara itu, Dr. Aiyen Tjoa mengungkapkan bahwa pertemuan ini penting untuk dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Staf pengajar Universitas Tadulako, Palu ini mengatakan pertemuan kali ini untuk membahas rencana penelitian hingga sampling untuk bahan proposal. \"Konsorsium mengadakan pertemuan secara berkala dan bergantian. Dan kali ini yang menjadi host adalah Unja,\" tuturnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa begitu tahapan-tahapan dilalui, tahap berikutnya adalah science retreat ke Universitas Gottingen, Jerman yang direncanakan antara 3-5 Juli 2022. \"Puluhan orang yang akan ikut. Mereka adalah wakil masing-masing anggota konsorsium dan lainnya,\" imbuhnya. (kar)


Kunjungi : www.unja.ac.id 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: