>

Tumbuhkan Kesadaran Generasi Muda, Kesbangpol Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi PKBN di Tanjabtim

Tumbuhkan Kesadaran Generasi Muda, Kesbangpol Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi PKBN di Tanjabtim

MUARASABAK - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi menggelar Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi generasi muda di Kabupaten Tanjabtim, Rabu (30/3) pagi.

Dilaksanakan di ruang aula Gedung Diklat Muara Sabak, kegiatan yang mengangkat tema \"Melalui Sosialisasi Bela Negara Mari Kita Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Millenial di Era Society 5.0\" diikuti puluhan pelajar SLTA sederajat dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Pengembangan Nilai-nilai Kebangsaan, Drs. Amidy, M.Si menyampaikan, sesuai dengan UUD Tahun 1945 Pasal 30 bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Untuk itu lah perlu dilakukan dan upayakan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.

\"Yang terpenting adalah untuk keutuhan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa guna mendukung Jambi MANTAP 2024,\" katanya.

Dia menilai, pada kenyataan sekarang ini tidak dipungkiri bahwa generasi muda Millenial memang berbeda jika dibandingkan yang dulu. Contoh kecilnya seperti sejarah, banyak generasi muda yang tidak tahu dan tidak memahami sejarah, baik itu sejarah nasional maupun di daerahnya sendiri.

\"Jangan kan pahlawan nasional, pahlawan yang ada di Provinsi Jambi ini saja generasi muda kita banyak yang tidak tahu. Jadi itu yang membuat kita prihatin. Maka dari itu, ini adalah tanggung jawab kita semua, agar kedepannya generasi muda kita bisa terselamatkan dan tidak buta akan sejarah,\" tegasnya.

Ditambahkannya, pemuda adalah sebagai kader untuk mengisi pembangunan dimasa yang akan datang, tentunya perlu dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup dan luas agar bisa mengisi pembangunan kedepan dengan baik. Seperti kutipan Presiden pertama Republik Indonesia \"Beri Aku 1.000 Orang Tua, Niscaya Akan ku Cabut Semeru dari Akarnya. Beri Aku 10 Pemuda Niscaya Akan ku Guncang Dunia\".

\"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap bela negara, cinta tanah air dan wawasan nusantara bagi generasi muda,\" harapnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: