Wawako Resmikan Depo Arsip Kota Jambi, Juga Sosialisasikan SIKN-JIKN oleh Narsum dari Arsip Nasional

Wawako Resmikan Depo Arsip Kota Jambi, Juga Sosialisasikan SIKN-JIKN oleh Narsum dari Arsip Nasional

JAMBI- Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Jambi meresmikan Depo Arsip yang baru saja rampung beberapa waktu lalu.

Peresmian langsung dilakukan oleh Wakil Walikota Jambi, Maulana, Rabu (30/3). Didampingi Sekda Kota Jambi, A Ridwan, Kepala Dinas DPK kota Jambi, Arzhi Effendi, kepala OPD dan lainnya.Peresmian ditandai dengan digelarnya pemotongan pita di depan pintu gedung Depo Arsip tersebut. Ketika peresmian, Maulana mengatakan, depo arsip tersebut bisa terlaksana dengan baik diusia Kota Jambi yang sudah berusi 75 tahun ini.

“Tentu banyak sekali dokumen-dokumen yang berserakan yang harus dikumpulkan dalam Depo arsip sesuai dengan standar Arsip Nasional Republik Indonesia. Mudah-mudahan arsip-arsip pemerintah kota bisa disimpan di sini, Apalagi arsip bersejarah kemudian yang seharusnya disimpan dengan baik, mudah-mudahan dengan hadirnya Depo arsip ini bisa lebih baik lagi kedepannya,” kata Maulana, kemarin (30/3).Kata Maulana, arsip menjadi sangat penting untuk menyimpan dokumen-dokumen lama.

\"Sejak Wali Kota Jambi yang pertama, itu sudah dibukukan. Jadi ini bisa menambah literasi bagi masyarakat. Kota Jambi juga sudah mendapat berbagai macam penghargaan dari Arsip dan Perpustakaan nasional. Mudah-mudahan dengan adanya gedung ini, penataan arsip menjadi lebih baik,\" imbuhnya.Kedepan, program pemerintah Kota Jambi adalah meningkatkan pemahaman kearsipan hingga skala rumah tangga. Sebab arsip menjadi penting baik bagi, individu, dunia usaha, apalagi pemerintah.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan Perpustakaan Kota Jambi Arzhi Effendi mengatakan, dilaksankan pembangunan gedung depo arsip dan ruang layanan informasi kearsiapan adalah untuk menyediakan sarana dan prasarana kearsipan di lembaga kearsipan daerah Kota Jambi.

\"Tersedianya tempat penyimpanan arsip dalam rangka mewujudkan penyelamatan arsip, khususnya arsip statis. Juga layanan informasi kerasipan bagi masyarakat dan peneliti,\" kata Arzhi.

Sementara dilaksanakan sosialisasi SIKN Kota Jambi yakni untuk memberikan informasi yang autentik dan utuh, dalam mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggara negara dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka NKRI.

Peresmian gedung depo arsip dirangkai dengan kegiatan sosialisasi SIKN Kota Jambi dan bedah buku \'Potret Kota Jambi Dalam Lintas Sejarah\'. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: