Hasil Rukyatul Hilal di Jambi Tak Nampak, Akibat Cuaca Kabur

Hasil Rukyatul Hilal di Jambi Tak Nampak, Akibat Cuaca Kabur

JAMBI - Pemantauan Hilal di Jambi tak nampak. Hal ini berdasarkan pemantauan Rukyatul Hilal awal ramadhan 1443 H yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi pada Jumat (1/4) pada pukul 18.12 WIB di lantai atas (rooftop) Hotel Odua Weston Kota Jambi.

Tim hisab rukyat Provinsi Jambi Rahmadi menyatakan timnya yang melakukan pemantauan tak bisa melihat hilal. \"Tak nampak dari pemantauan yang dilakukan oleh semua tim kita dari Kemenag, BMKG dan Pengadilan Tinggi Agama Jambi,\" ujarnya saat konferensi pers sesuai pemantauan hilal.

Sedangkan pihak BMKG Jambi Supriono menyatakan sebenarnya pada hari Jumat cuaca cerah berawan. Untuk visibilitas daei acuan di bandara 5.000 meter atau udara kabur. \"Ada uap air dari permukaan yang menyebabkan halangan melihat bulan,\" terangnya.

\"Hilal tak nampak secara keilmuan dari nilai yang ditentukan,\" tambahnya.

Sementara itu Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Zoztafia menyatakan pemantauan hilal dalam penentuan 1 Ramadhan tidak nampak karena masalah cuaca dan secara saintifik tak nampak. \"Kendalanya seperti yang dijelaskan BMKG. Pemantauan hilal ini adalah untuk melihat bulan. Adapun terakhir nampak hilal di Jambi kita belum buka datanya,\" ujarnya saat dikonfirmasi.

Pihak kemenag juga menjelaskan nantinya hasil pemantauan ini akan dilaporkan ke Kementerian Agama pusat. Dan nantinya akan ditunggu hasil sidang isbat yang memutuskan penentuan 1 Ramadhan atau awal puasa tahun ini.(aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: