PGSD Prodi Favorit di UNJA, Bercirikan Budaya Melayu Jambi

PGSD Prodi Favorit di UNJA, Bercirikan Budaya Melayu Jambi

JAMBI - Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Jambi mempunyai visi menjadi Prodi bermutu yang unggul dalam bidang KeSD-an bercirikan budaya Melayu Jambi, pada tingkat Nasional dan Internasional.

Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas Jambi, didukung oleh 21 orang para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri, disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang memadai berupa 3 Laboratorium, aula untuk belajar dan kelas untuk setiap angkatan jumlah mahasiswa PGSD sebanyak 749 orang.

Dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan visi dan misi PGSD Universitas Jambi.

Ketua Prodi PGSD Dr. Drs. Destrinelli, M.Pd., mengatakan PGSD memiliki IKU 1 yang berkaitan dengan mahasiswa tracer study dan masa tumbuh mahasiswa. “Kami memotivasi mahasiswa untuk mengisi tracer study yang dikirimkan dari Unja, kami dari mahasiswa angkatan 2019 dan angkatan 2020, 95% mereka masa tumbuh tidak sampai 3 bulan, dan mahasiswa yang sudah tugas akhir di tawar sekolah yang berada dekat sini dan ada yang kembali di kampung untuk mengisi sekolah disana,” ujar Dr. Destrinelli.

Kemudian ia mengatakan untuk mahasiswa PGSD berhasil lulus tepat waktu dan sesuai target yang diberikan. “Lama pendidikan mahasiswa PGSD 3 tahun 7 bulan, yang ikut wisuda bulan maret 2022 genap 47 orang, 42 orang mahasiswa angkatan 2018 dan 5 angkatan 2017 dan target angkatan 2018 sudah selesai, untuk perkuliahan rata-rata mahasiswa tepat waktu lulus kecuali mahasiswa yang pindah prodi karna akan menambah mata kuliah. Mahasiswa yg pindah prodi juga harus memiliki ketentuan salah satu nilai di atas 3,80,” terangnya.

Prodi PGSD telah banyak meraih prestasi seperti di tahun 2021 juara Nasional dalam lomba pengembangan media pembelajaran untuk sekolah dasar, dan beberapa prestasi yang di raih mahasiswa telah dilaporkan ke Fakultas.

Misi dari PGSD UNJA adalah menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan calon guru SD yang profesional yang mampu berkompetisi secara global, Menyelenggarakan penelitian inovatif di bidang keSDan yang bercirikan budaya melayu untuk menghasilkan HAKI dan publikasi ilmiah terindeks scopus, Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan hasil kajian dalam bidang keSD-an yang inovatif berlandaskan budaya Melayu, Memperkuat dan memperluas jejaring kemitraan antara PGSD dengan stakeholder pengguna lulusan dan Menata dan mengembangkan sistem pembelajaran keSDan di lingkungan PGSD FKIP yang memenuhi standar mutu proses pembelajaran keSD-an.

Sedangkan tujuannya adalah Menghasilkan calon guru SD profesional, bermutu yang mampu berkompetisi secara global, Menghasilkan HAKI dan publikasi ilmiah terindeks scopus dari penelitian inovatif di bidang keSDan yang bercirikan budaya melayu, Mengembangkan dan memberdayakan hasil-hasil kajian dalam bidang keSDan yang inovatif berlandaskan budaya melayu. Sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat, Berkolaborasi dalam mengembangkan model pembelajaran keSDan dengan stakeholder dan Menghasilkan standar mutu proses pembelajaran keSDan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pengguna. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: