Komisi III DPRD Sarolangun Sebut Wajah Kota Perlu Dibenahi

Komisi III DPRD Sarolangun Sebut Wajah Kota Perlu Dibenahi

SAROLANGUN – Terkait rencana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sarolangun, untuk melakukan penataan wajah kota Sarolangun, mendapat dukungan dari Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sarolangun H.Hurmin. Menurutnya, pembangunan wajah kota Sarolangun yang saat ini masih butuh penataan agar terlihat indah, nyaman dan tertata secara matang.

“Kita sangat mendukung karena memang wajah kota Sarolangun ini memang harus dirubah, ikon Sarolangun apa memang harus kita buat. Kita komisi III siap mendukung ini kalau memang ini program dari dinas PUPR Sarolangun,” katanya.

Disampaikannya, jika memang ada penataan kota yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat juga harus mendukung penuh karena ini memang kebutuhan untuk masyarakat Sarolangun dalam rangka memajukan daerah.

“Memang harus sama-sama dan masyarakat Sarolangun juga harus mendukung,” pintanya.

Pihak perusahaan pun, kata Hurmin, harus ikut berupaya mendorong agar pembangunan wajah kota sarolangun mendapatkan peran serta dari perusahaan yang ada di Sarolangun melalui pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR), misalnya dana CSR dimanfaatkan untuk membangun ruang terbuka hijau, penataan jalan kota ataupun pembangunan drainase tertutup.

“Tidak apa apa pasang nama perusahaan jika dari dana CSR, tapi memang harus jelas untuk kebutuhan masyarakat Sarolangun,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penataan wajah kota Sarolangun memang sangat layak dibuat drainase tertutup di sepanjang jalan protokol kota Sarolangun, dalam rangka memperlebar jalan sehingga mengurangi kemacetan dan mengurangi banjir di beberapa titik yang rawan banjir saat hujan deras.

“Jalan di lingkungan kelurahan yang rusak perbaiki, tidak hanya jalan protokol termasuk lorong-lorong pemukiman warga. Apalagi penduduk kota makin padat, sekarang saja sudah sering macet, apalagi dalam pasar kelurahan pasar yang memang butuh penataan dengan perencanaan yang matang, jika ini dilakukan kita siap bantu,” katanya.

Selain itu, ruang terbuka hijau di pusat kota Sarolangun juga harus ditambah dan ditata kembali. Saat ini sudah ada taman tepian Cik Minah, Taman PKK, Laman Basamo, kemudian areal sport center. Hurmin juga meminta agar dinas terkait, membuat perencanaan sebaik mungkin, kemudian penganggaran jangka panjang sehingga bisa berkelanjutan.

“Ruang terbuka hijau juga demikian, jika perlu tambah lagi agar tumbuh titik titik sentra ekonomi masyarakat di tempat rekreasi masyarakat,” pungkasnya.(hnd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: