Top Banget, Anies Baswedan Izinkan JIS yang Modern dan Megah untuk Takbiran dan Salat Idul Fitri

Top Banget, Anies Baswedan Izinkan JIS yang Modern dan Megah untuk Takbiran dan Salat Idul Fitri

JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) dikabarkan sudah diizinkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk dijadikan lokasi takbiran dan salat Idul Fitri.

Sebelumnya rencana itu terungkap 9 Maret lalu, saat Kedua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jakarta Utara, Suwardi, Sekretaris Umum MUI Jakarta Utara, Ali Fahmi bersama 13 perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam Jakarta Utara lainnya berkunjung ke JIS.  

Kedatangan mereka ingin memastikan JIS boleh dijadikan lokasi takbiran dan salat Idul Fitri 1443 Hijriah atau tidak. Surat perizinan pun telah dikirim ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ternyata keinginan mereka dikabulkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ketua MUI Kota Administrasi Jakarta Utara, Ibnu Abidin menyampaikan, surat permohonan sudah diterima dan disetujui oleh Gubernur Anies Baswedan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menentukan area luar JIS, yakni Ramp Barat sebagai lokasi salat Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang. Soal kapasitas, dipastikan Ramp Barat JIS mampu menampung maksimal hingga 8.000 jemaah.

Sarana dan prasarana penunjang salat Idul Fitri pun tengah dipersiapkan seperti mimbar khatib, tempat wudhu, pintu masuk dan keluar, lokasi parkir, hingga pengaturan arus lalu lintas bagi jamaah.

\"Kami juga menyiapkan lokasi salat cadangan di Ramp Timur apabila antusiasme jamaah salat Idul Fitri di JIS tinggi,” ungkap Ibnu Abidin.

 

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta Gunas Mahdianto membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan JIS sebagai salah satu lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dengan demikian, masyarakat ikut menikmati kebersamaan sekaligus mengenal salah satu ikon baru di Ibu Kota itu. \"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadhan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Itu salah satunya,\" katanya.  

Selain akan menjadi lokasi Shalat Id, Pemprov DKI juga berencana mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS pada malam Lebaran. (dis/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: