>

Penjualan Terios Terus Meningkat di Tengah Kompetisi Ketat

Penjualan Terios Terus Meningkat di Tengah Kompetisi Ketat

Pengguna mobil All New Terios mengakui hal itu. “Mobilnya keren dan harganya lebih terjangkau ketimbang yang lain. Apalagi, mobil keluaran Daihatsu sudah terkenal hemat BBM dan jaringan bengkelnya luas di seluruh wilayah,” ujar L Hutabarat dari Jakarta.

Tunjung menambahkan, pihaknya yakin hingga akhir tahun ini, market share Daihatsu di Jatim dan Bali bisa mencapai 19 persen.

Peningkatan penjualan All New Terios juga terjadi di wilayah Sumatera. Kepala Wilayah PT AI-DSO Sumatera Edy Santoso mengatakan, pada Maret 2022, All New Terios terjual 803 unit, terbesar dari wilayah lain di Indonesia. Bulan sebelumnya, penjualan sebesar 394 unit. Peningkatan terbesar terjadi di Jambi, sebagai daerah penghasil komoditas. Saat ini harga komoditas terus meningkat yang mendongrak daya beli masyarakat.

Dengan tingginya animo masyarakat, pihaknya optimistis akhir tahun ini All New Terios bisa meraih market share sebesar 27 persen di Sumatera.

Sementara itu, pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, membaiknya kondisi ekonomi tentu akan meningkatkan penjualan otomotif. Walaupun ada lonjakan harga BBM saat ini, namun itu tidak akan terlalu berpengaruh pada penjualan otomotif nasional.

“Perkiraan saya, tahun ini penjualan otomotif nasional bisa mendekati angka satu juta unit, jika tidak ada halangan yang berarti,” ujar Bebin.

Perkiraan Bebin itu lebih tinggi dari pencapaian otomotif nasional tahun 2021. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel otomotif nasional  tahun 2021 sebesar 863.348 unit.

Bebin menambahkan, kenaikan harga BBM tahun ini secara umum tidak mempengaruhi penjualan otomotif. Namun, kenaikan BBM diyakini akan mempengaruhi konsumen membeli mobil yang irit bahan bakar. “Mobil irit BBM menjadi incaran,” tambah Bebin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: