Ajang Tahunan Lomba Perahu di Sarolangun Kembali Tak Digelar, Disparpora Sebut Tak Miliki Anggaran

Ajang Tahunan Lomba Perahu di Sarolangun Kembali Tak Digelar, Disparpora Sebut Tak Miliki Anggaran

SAROLANGUN - Ajang tahun Lomba perahu atau pacu biduk saat perayaan idul fitri, kembali tidak digelar pada tahun 2022 di

Kabupaten Sarolangun. Alasannya, Dinas terkait tak memiliki anggaran yang cukup.
Biasanya, kegiatan pacu biduk menjadi agenda rutin yang digelar dan disaksikan oleh masyarakat kabupaten Sarolangun, yang digelar disekitaran tepian Cik minah dan area tepian ancol yang berada di depan rumah dinas Bupati Sarolangun.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sarolangun, melalui Kabid olahraga Abi Mas\'ud mengatakan, bahwa dalam rencana kerja dan anggaran (RKA) dan Dikumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Disparpora sarolangun tidak tersedia untuk menggelar kegiatan tersebut.

\"Untuk saat ini kita tidak berani bilang ada atau tidak ada Pacu Biduk karena anggaran tidak tersedia di Disparpora,\"katanya.

Disampaikannya, Pacu Biduk sejak tahun 2020 hingga 2022 tidak diselenggarakan oleh Disparpora Kabupaten Sarolangun, hal itu diakibatkan anggaran yang di refocusing efek dari Covid-19.

\"Ya, sudah tiga tahun berturut-turut sama tahun ini tidak kita anggarkan dana untuk lomba pacu perahu, memang kita terkendala dana sejak Covid19,\"ungkapnya.

Tidak diselenggarakannya lomba perahu atau pacu biduk di Sarolangun, menuai berbagai komentar dari warga, yang menantikan adanya hiburan masyarakat yang digelar setahun sekali tersebut.
Masyarakat Sarolangun menilai, Pemkab Sarolangun terlalu banyak alasan, lantaran mengaku tak ada anggaran yang cukup untuk menyelenggarakannya.

“Tentu ini sangat kami sayangkan, ini merupakan hiburan setahun sekali. Seharusnya kan bisa dianggarkan jauh-jauh hari,” kata Akbar, salah seorang warga Sarolangun.

Dirinya menilai pemerintah terlalu banyak alasan dan mementingkan urusan sendiri, ketimbang masyarakat yang sejatinya membutuhkan hiburan dan budaya tahunan tersebut.

“Kalau ini digelar kan banyak manfaatnya, masyarakat terhibur, roda perekonomian berputar dan lainnya. Kami sangat menyayangka hal ini,” pungkasnya.(hnd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: