PT SAL Sinergikan Ekonomi Masyarakat dan Kesehatan Suku Anak Dalam

PT SAL Sinergikan Ekonomi Masyarakat dan Kesehatan Suku Anak Dalam

SAROLANGUN-Pengembangan UMKM menjadi salah satu target yang harus dicapai oleh semua desa di Indonesia, tidak terkecuali Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Hendri Sumasto, Kepala Desa Pematang Kabau, pun memutar otak. Ia melakukan pengamatan kepada desa-desa sekitar untuk mencari model pengembangan UMKM yang sustainable atau berkelanjutan.

“Komoditas-komoditas yang dikembangkan oleh desa yang diamati mengalami kegagalan,” ungkapnya.

\"Pengolahan

Tidak putus asa, Hendri mencari informasi di media sosial dan berkomunikasi dengan kawan-kawannya yang berada di luar Jambi. Dari situlah Hendri menemukan komoditas Sereh Wangi.

Pada pertengahan semester 2019, Hendri mulai menanam sereh wangi sebesar 3,5 hektar yang terdiri dari dua hamparan. Namun, hamparan yang dimiliki Hendri tidak sepenuhnya komoditas sereh wangi. Pria 35 tahun ini melakukan tumpang sari dengan kelapa sawit.

“Kita masih project, belum berani kalau harus meninggalkan kelapa sawit,” ungkapnya. Pasalnya komoditas kelapa sawit masih menjadi tulang punggung bagi dirinya dan masyarakat desa.

Setahun setelah itu, ia mulai membangun pabrik pengolahan. Dari situ, ia mulai mengolah komoditas sereh wangi. Dari daun atau rumput tersebut dihasilkan minyak sereh wangi. Minyak yang tergolong minyak atsiri ini bisa menjadi bahan baku untuk minyak telon dan lain sebagainya.

Hasil samping dari proses itu adala air hidrosol. Air hidrosol ini, oleh Hendri, dikembangkan menjadi produk wedang sereh wangi dan sabun pencuci piring.

Masalah Pemasaran


Setelah produksi, masalah yang timbul adalah pemasaran. Harga jual minyak atsiri ini anjlok menjadi 270.000 per kilogram dari sebelumya 400.000 per kilogram. Wedang sereh wangi dan sabun pencuci piring kemudian hadir.

Masalahnya sama, produk samping ini juga kesulitan dalam pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: