Kronologi Keributan Debat Kandidat Kota Makassar Sampai Ada yang Bawa Towa Bersorak-sorak

Sabtu 26-10-2024,22:44 WIB
Reporter : Tim
Editor : Dona Piscesika

MAKASSAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kronologi keributan saat debat kandidat yang digelar KPU Kota Makassar akhirnya terungkap. 

 

Pelaksanaan debat kandidat sesi pertama itu dilaksanakan untuk empat pasangan calon wali kota dan dan wakil wali kota Makassar. 

 

Kejadian yang sedikit acau itu nyaris ricuh antar pendukung di Hotel Dalton Makasar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

 

Dikutip dari Antara, keteganganterjadi saat pasangan calon nomor urut tiga Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi A Uskara hendak menyampaikan pemaparan visi misinya setelah sebelumnya pasangan nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, serta pasangan nomor urut 2 Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi sudah menyampaikan visi misinya.

 

Terlihat ada tim pendukung paslon nomor urut 2 terdengar ribut di bagian belakang lalu mengeluarkan toa megaphone atau pengeras suara sambil bersorak-sorak. Hal itu sontak memancing tim pendukung paslon 1 bereaksi sehingga terjadi keributan.

 

Selang beberapa saat, terlihat staf KPU Makassar berusaha mengambil barang tersebut untuk diamankan, sementara orang yang membawanya juga berupaya mempertahankan, tetapi dengan cepat dan tegas barang itu diambil lalu dibawa keluar.

 

Padahal, dalam rapat sebelumnya tim paslon bersama komisioner di kantor KPU Makassar, telah sepakat tidak boleh ada embel-embel selain atribut atau baju paslon menempel di badan pendukung. Tetapi yang terjadi melanggar hasil kesepakatan. Diduga pengamanan tidak ketat sehingga pengeras suara itu bisa lolos masuk ke arena debat, mengganggu acara.

 

"Kalau terkait tadi dinamika bawa toa akan kami koordinasikan dengan pihak keamanan, kenapa bisa lolos. Sementara kita koordinasikan dengan pihak keamanan juga tim paslon," kata anggota KPU Makassar Abdi Goncing kepada wartawan.

Kategori :