JAMBIEKSPRES.CO.ID- Seorang agen BRILink berhasil mengagalkan penipuan untuk pencairan Rp 3 juta di salah satu outlet BRILink.
Peristiwa viral di media sosial ini, tampak seorang agen BRILink dengan sigap dan selalu menjalankan SOP (Standar Operational Prosedure) sehingga upaya penipuan untuk pencairan dana tersebut berhasil digagalkan.
Dari video yang beredar, seorang pria mencoba melakukan upaya penipuan dengan melakukan pencairan yang menggunakan dokumen palsu.
Bahkan, seorang pria ini nekat membawa bukti transfer yang sekilas tampak asli.
Namun, berkat kesigapan Agen BRILink ini serta dengan menjalankan SOP yang sesuai. upaya penipuan tersebut berhasil digagalkan.
SOP Agen BRILink
Agen BRILink memiliki SOP (Standar Operational Prosedure) yang jelas untuk menghindari penipuan dan melindungi diri serta pelanggan dari berbagai bentuk kejahatan siber dan penipuan transaksi.
Berikut adalah beberapa poin SOP yang bisa diterapkan oleh Agen BRILink:
1. Verifikasi Identitas Pelanggan
KTP & Data Pelanggan: Selalu minta identitas asli (seperti KTP) dari pelanggan yang melakukan transaksi besar atau mencurigakan. Verifikasi data tersebut dengan data pada sistem BRILink.
No. Rekening & Nomor Telepon: Periksa kembali nomor rekening tujuan dan nomor telepon yang diberikan pelanggan untuk transaksi. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, tunda transaksi dan hubungi layanan resmi BRI.
2. Cek Keaslian Bukti Transfer
Bukti Transfer: Pastikan bukti transfer yang diserahkan oleh pelanggan bukanlah rekayasa. Cek status transaksi melalui aplikasi atau sistem BRILink secara langsung. Jangan melakukan transaksi berdasarkan screenshot atau bukti transfer yang belum diverifikasi di sistem.
Hindari Transaksi Terburu-buru: Jika pelanggan mendesak untuk mempercepat proses, agen harus lebih waspada dan melakukan pengecekan ulang.
3. Waspada Terhadap Modus Phishing