Adakan Simulasi Code Yellow, Siloam Hospitals Jambi Pastikan Kesiapan IGD

Sabtu 19-10-2024,12:51 WIB
Reporter : Lysa Lucia Pebryna M
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Rumah Sakit menjadi tujuan utama saat terjadi sebuah musibah, untuk itu diperlukan kesiapan yang baik agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Untuk itu, Siloam Hospitals Jambi melaksanakan simulasi Code Yellow, Jumat (18/10). 

Kegiatan rutin setiap tahunnya ini bertujuan untuk melihat kesiapan Sumber Daya Manusia Siloam Hospitals Jambi apabila ada kejadian dan membuat datangnya lebih dari 10 pasien diwaktu yang bersama. 

"Ini kegiatan tahunan yang kita lakukan dimana kita melakukan simulasi sesuai dengan kejadian yang pernah terjadi, seperti kali ini simulasi yang kita adakan adalah kecelakaan offroad yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Dr. Masni Meria Silalahi, head emergency departement Siloam Hospitals Jambi. 

Pada simulasi kali ini, pasien yang datang berjumlah 15 orang sedangkan IGD Siloam Hospitals Jambi sedang menangani pasein lainnya di IGD. 


Code Yellow Siloam Hospitals Jambi. -Foto: Istimewa-

"Pastinya dengan hadirnya pasien dalam waktu bersamaan ini membutuhkan cara khusus dan koordinasi yang baik dengan semua unsur di Rumah Sakit, baik itu perawat, dokter, laboratorium hingga farmasi," jelas Dr. Masni Meria Silalahi. 

Bukan hanya cara menangani pasien yang hadir, dalam code yellow ini Siloam Hospitals Jambi juga harus memberikan pengertian dan juga pemahaman kepada keluarga terhadap kondisi pasien akibat kecelakaannya. 

Bukan hanya berlaku untuk tim di IGD, code yellow juga berlaku di berbagai bangsal yang ada di Siloam Hospitals Jambi sehingga penanganan pertama kepada pasien dapat dilakukan dengan cara yang baik.(*) 

Kategori :