Peresmian Tol Pertama Jambi, Tunggu Konfirmasi Presiden Jokowi

Sabtu 12-10-2024,07:15 WIB
Reporter : Andri Brilliant Avolda
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Tol perdana yang melintasi Jambi akan segera diresmikan.

Kepastian jadwal masih menunggu konfirmasi Presiden RI (RI 1) saat ini yakni Presiden Joko Widodo. Persiapan di Tol Bayung Lencir - Tempino (Baleno) Seksi 3 pun sudah finish, ditandai dengan sudah dilakukannya Uji Layak Fungsi (ULF).

Pihak kontraktor tol ini memberikan keterangan resmi kepada Jambi Ekspres terkait jadwal peresmian tol sepanjang 33 Kilometer, yang 15,47 Km-nya ada di Provinsi Jambi itu.

‘‘Adapun terkait dengan rencana peresmian tersebut, masih menunggu konfirmasi jadwal dari RI 1,’‘ kata EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim.

Terkait teknis peresmian apakah akan dilakukan secara kolektif atau bersamaan dengan ruas tol lainnya, pihak HK juga belum memastikan.

BACA JUGA: Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Siap Diresmikan, Berikut Progres Terbaru 4 Seksi Jalan Tol Betung-Jambi

‘‘Kalau terkait hal tersebut kami juga masih menunggu arahan RI 1,’‘ sampainya

Terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan tak memungkiri akan dilakukan peresmian tol. Dan petinggi negara yang hadir masih menunggu konfirmasi arahan RI 1 (Presiden). Karena informasi sejauh ini masih Wapres yang dijadwalkan hadir.

BACA JUGA:Resmi! Pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung Dilanjutkan, Berikut Progres Terkininya

‘‘Kabarnya begitu, nanti Pak Wapres yang resmikan dan lokasinya di gate toll (gerbang tol) Jambi,’‘ kata Ibnu kepada Jambi Ekspres (11/10).

Adapun perkembangan terbaru di tol Baleno seksi 3 sudah dilakukan Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ) pada pekan lalu. Tindak lanjutnya, tinggal pelaksanaan pekerjaan sesuai rekomendasi dari tim ULFJ.

‘‘Seperti salah satu rekomendasinya agar jalan menuju ke ruas seksi 4 yang belum. bisa digunakan di tutup barier, perbaikan guardrail di satu titik, seperti memasang tutup drainase yang hilang,’‘ ucapnya.

‘‘Kalau secara garis besar (hasil) ULFJ sudah bagus,’‘ ucap Ibnu.

Sementara itu, Kepala Satker Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) BPJN Jambi Benny Cristiawan menyatakan pihaknya juga tengah menunggu jadwal pasti. Meski demikian persiapan sudah dilakukan.

‘‘Untuk peresmian kami masih menunggu kabar yang pasti mas, kalau dari sisi persiapan yang jelas lapangan sudah siap diresmikan,’‘ kata Benny.

Kategori :