Siap-Siap Jambi-Sumsel Hanya 15 Menit, Tol Tempino-Bayung Lencir Sudah Diuji Laik Fungsi

Rabu 09-10-2024,16:41 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-  Konektivitas antara Provinsi Jambi menuju Provinsi Sumatera Selatan semakin dekat.

Hal ini menyusul telah selesainya Jalan Tol Trans Sumatera pada seksi 3 Bayung Lencir - Tempino (Baleno) dengan total panjang 33 kilometer, dimana untuk Jambi sendiri dilintasi 15,47 kilometer.

Bahkan tol pertama di Provinsi Jambi tersebut sudah selesai dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada Rabu-Jumat (1-4/10/2024).

Hal itu berdasarkan unggahan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Media Sosial (Medsos) Instagram.

Dalam Uji Layak Fungsi (ULF) jalan Tol Tempino-Bayaung Lencur tersebut juga dihadiri Perwakilan Direktorat Bina Marga,Badan Pengatur Jalan Tol, Dektorat Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Perhubungan Darat dan Korlantas Polri.

''Pelaksanaan ULF ini merupakan sebuah rangkaian terakhir yang dilaksanakan sebelum jalan tol Bayung Lencir-Tempino dioperasikan, dan sekaligus memastikan semua spesifikasi  teknis persyaratan  dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol sesuai standar managemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik,''demikian keterangan yang dikutip Jambi Ekspres dari Instagram BPJT pada Rabu (09/10).

Sementara itu, etelah rangkaian ULF dilaksanakan,kemudian dilakukan perbaikan atas hasil pemeriksaan oleh tim ULF. Setelah itu akan dikelarkan Sertifikat Laik Fungsi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dan Sertifikat Laik Operasi  dari Ditjen Bina Marga Kemengtrian PUPR, sehingga jalan tol ini dapat diperasikan sesuai masa operasinya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Tempino-Bayung Lencir merupakan dari seksi 3 Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi yang juga bagian dari Jalan Tol Trans Sumatrera (JTTS) dengan panjang 169,9 km

Jalan tol nantinya akan terhubung dengan dengan jalan Tol Palembang-Betung yang saat ini dalam tahap penyelesaian tahap konstruksi.

Hingga September 2024, Jalan Tol Betung (Simpang Sekayu) - Tempino - Jambi Seksi 1A (Betung - Supat, Musi Banyuasin) (30,80 km) memiliki progres konstruksi mencapai 6,34%, dengan progres pengadaan lahan sebesar 19,88%; Seksi 3 Bayung Lencir - Tempino Paket 3 (Dukungan Konstruksi)

Interchange (IC) Bayung Lencir - IC Tempino (15,47 km), yang dikerjakan oleh KSO Hutama Karya - WIKA - Abipraya, telah rampung 100% dan siap beroperasi; dan Seksi 4 Tempino – IC Ness (18,49 km) progres konstruksinya telah mencapai 31,81%, dengan pengadaan lahan hampir selesai sebesar 99,53%.

Direktur Operasional III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro mengatakan nantinya jika Tol Jambi-Palembang seksi 3 Baleno sudah resmi dioperasikan, maka akan mempersingkat waktu tempun.

"Jika biasanya 1,5 jam, nanti waktu tempuh bisa 15 menit saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Koentjoro mengatakan pihaknya juga menargetkan dalam waktu dekat bisa melakukan uji coba terhadap ruas Bayung Lencir-Tempino seksi 3 ini.

"Kita targetkan bulan depan bisa dilakukan uji coba," katanya.(*)

Kategori :