Kanwil Kemenkumham Jambi Gelar CAT Calon Notaris Tahun 2024 di BKN Provinsi Jambi

Rabu 02-10-2024,22:22 WIB
Reporter : Lysa Lucia Pebryna M
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) menggelar Seleksi CAT (Computer Assisted Test) Calon Notaris Tahun 2024 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, Rabu (2/10). 

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jambi ikut serta mendukung pelaksanaan Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024 dengan sebanyak 93 orang peserta yang hadir di Kantor BKN Provinsi Jambi.


pelaksanaan Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024-Foto: Istimewa-

Ujian CAT dibagi dalam dua dan peserta diwajibkan melakukan registrasi 90 menit sebelum ujian dimulai. 

Setiap peserta akan menjalani pemeriksaan ketat melalui teknologi face recognition dan body checking untuk menjamin keamanan dan integritas seleksi.

Aturan ketat juga diterapkan untuk menghindari kecurangan yang tidak diinginkan. 

Peserta tidak diperkenankan membawa barang-barang pribadi seperti handphone dan perhiasan, yang harus disimpan dalam loker yang sudah disediakan oleh BKN. 

Seragam yang diwajibkan adalah kemeja putih dan celana hitam. Pelanggaran aturan ini dapat berujung pada diskualifikasi.

Sebelum memulai pelaksanaan tes, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo H. Kakanwil Kemenkumham Jambi, Elly Yuzar menyampaikan arahannya. Ia menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas selama proses seleksi.

"Seleksi ini bukan hanya ujian pengetahuan, tetapi juga ujian karakter. Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti aturan dengan baik, menjaga kejujuran, dan menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap profesi notaris," ujar Elly.

Seleksi ini merupakan tahapan penting dalam membentuk notaris yang berkualitas dan berintegritas. 

"Ke depannya tantangan di dunia profesi notaris akan semakin besar, dan dibutuhkan tidak hanya kemampuan teknis, tetapi juga integritas tinggi dalam menjalankan tugas," tambah Elly dalam pesannya.

Hadir pula mendampingi Kakanwil yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hermawati, Kepala Divisi Administrasi Kortini JM Sihotang, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, Tim Ditjen AHU selaku panitia pusat, serta Panitia BKN Provinsi Jambi. (*)

Kategori :