Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Sabtu 14-09-2024,21:27 WIB
Reporter : Tim
Editor : Dona Piscesika

Tak hanya itu, salah satu foto yang menarik di rumah tersebut ialah wajah Christiaan Snouck Hurgronje yang terpampang jelas. Snouck Hurgronje adalah misionaris yang belajar Islam hingga berhasil menyusup ke Tanah Suci Mekkah menggunakan nama samaran. Semua itu ia lakukan untuk mencari cara untuk menaklukkan Aceh.

 

Sementara itu, Achmad Syamsudin, wisatawan asal Palembang, Sumatera Selatan, mengaku terpukau saat masuk ke dalam Museum Cut Nyak Dhien.

 

Setelah melihat langsung, membaca, dan mendengarkan penjelasan tentang perjuangan Cut Nyak Dhien bersama Teuku Umar melawan penjajah, menurut dia, kata perjuangan, nasionalis, religius, pantas disematkan kepada kedua pahlawan nasional itu.

"Ini sesuatu yang luar biasa di mana perempuan di agama Islam diberi waktu yang sama oleh Allah untuk berjuang sesuai kemampuannya. Namun, Cut Nyak Dhien ini lebih hebat lagi dalam mengimplementasikannya, khususnya melawan penjajah," ujar dia.

 

Dalam kunjungan bersama anggota keluarga, Syamsudin mengajak semua elemen bangsa terutama generasi muda untuk mengejawantahkan arti perjuangan yang telah dilakukan Cut Nyak Dhien bersama Teuku Umar.

 

"Perjuangan Cut Nyak Dhien perlu terus kita syiarkan kepada generasi mendatang," seru dia. (*/antara)

 

Kategori :