Pelaksanaan Smart Screening Ulkus Diabetik Pendanaan Kemendikbud Ristek di Puskesmas Simpang Kawat

Jumat 13-09-2024,20:01 WIB
Editor : Fauzi Yosi Esiska

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Salah satu tim pengabdi STIKES Harapan Ibu telah melaksanakan kegiatan dari program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP), yang merupakan hibah DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemedikbud Ristek pendanaan tahun anggaran 2024. Program ini dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa dengan tim yang diketuai oleh Ns. Diah Merdekawati, M.Kep yang beranggotakan Ns. Ani Astuti, M.Kep, Sp. Kep. MB dan Eti Kurniawati, SKM, M.Kes serta 2 orang mahasiswa yaitu Nyimas Putri Azzihira. S dan Shelly Putri Permadita. 

Kegiatan PMP ini dilaksanakan selama 6 bulan yaitu sejak 13 Juni hingga 31 Desember 2024. Kegiatan diawali dengan rapat perencanaan kegiatan (15 Juni 2024), FGD penentuan kegiatan (7 Agustus 2024), Pelatihan (2-4 September 2024), Pendampingan penggunaan aplikasi (12 September 2024) dan akan dilanjutkan pada tahap pendampingan serta monev perminggu hingga masa kegiatan berakhir.


Pendampingan pemeriksaan kaki dan penggunaan smart screening ulkus diabetik di Posyandu Flamboyan, wilayah kerja Puskesmas Simpang Kawat--

“Adapun materi yang disampaikan saat pelatihan adalah tatalaksana diabetes mellitus, pemeriksaan kaki penderita diabetes mellitus hingga pengenalan serta demonstrasi dan simulasi penggunaan aplikasi smart screening ulkus diabetic,”kata Ns. Diah Merdekawati, M.Kep, Jum’at, (13/9).

Smart screening ulkus diabetik berupa aplikasi berbasis web dan merupakan teknologi yang dihasilkan pada program ini, dengan harapan dapat membantu kinerja tenaga kesehatan khususnya di Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi, dalam mencegah terjadinya komplikasi diabetes mellitus yaitu ulkus.

“Aplikasi ini mempermudah nakes dalam melakukan pendataan dan pendokumentasian serta membuat keputusan tindak lanjut dari kondisi penderita diabetes mellitus,” jelasnya.

Tim pengabdi mengucapkan terima kasih kepada DRTPM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemedikbud Ristek yang memberikan kesempatan kepada Tim untuk melaksanakan program ini.

“Tak lupa juga terima kasih kepada kampus tercinta, STIKES Harapan Ibu Jambi atas dukungan dan fasilitasi yang diberikan. Harapan Tim semoga di tahun pendanaan selanjutnya masih diberikan kepercayaan untuk melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dapat diaplikasikan untuk masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan,” tandasnya.

Kategori :