PKM Edukasi Peran Sekolah dan Orang Tua dalam Menskrining Dampak Psikologis dan Luka Bullying

Kamis 08-08-2024,19:12 WIB
Editor : Setya Novanto

n %

1. Ada Dampak 12 50

2. Tidak Ada Dampak 12 50

Total 24 100

Berdasarkan tabel 1. dapat dilihat bahwa terdapat dampak psikologis bagi siswa yang pernah mengalami korban bullying  sebanyak 12 siswa dari 24 siswa.

Berdasarkan data tersebut maka sangat diperlukan Intervensi Bullying Bagi Individu yaitu: 1) Menjadikan anak lebih asertif. 2)  Jadikanlah anak didik pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan konsep diri yang positif. 3) Merangsang kemampuan sosialisasi anak didik. 4) Katakan pada pelaku untuk segera meng-hentikan perilakunya. 5) Memberikan pendampingan pada anak korban bullying untuk mengurangi dampak psikologis yang ditimbulkan.

Upaya yang dilakukan bagi sekolah dalam mencegah bullying diperlukan Peran Sekolah terhadap pelaku dan korban bullying yaitu: 1) Menanggapi Masalah dengan Serius. 2) Memberi Tahu Mana yang Benar dan Mana yang Salah. 3) Membantu Anak untuk Menunjukkan Prestasi. 4) Melibatkan Orang Tua. 5) Menyediakan Waktu untuk Berkonsultasi.

"Hasil penelitian terdahulu tentang pentingnya peran guru sebagai pelindung dari korban perundungan di lingkungan sekolah menunjukkan hasil dampak yang diakibatkan oleh perilaku bullying cukup luas baik fisik dan mental korban bullying. Adapun masalah yang terjadi kepada korban bullying yaitu trauma mental, rasa takut dan rendah diri,serta menurunya prestasi akademik yang berakibat fatal adalah korban bullying yang tidak mau melanjutkan pendidikanya, sehingga dilakukan penyuluhan kepada guru mengenai , peran guru terhadap murid yang menjadi korban perundungan di lingkungan sekolah (Triantoro MR, dkk, 2023)," tandasnya.

Cara menghadapi si tukang bullying Yaitu: 

BERANI  MEMBELA  DIRI  SENDIRI

LAWAN  BALIK  bukan balas dendam, tapi menyadarkan perlakuannya itu tidak baik

UNGKAPKAN PERASAAN KAMU SEBENARNYA  Tanya kenapa selalu membully

JANGAN IKUTAN TERTAWA

CURHAT KE ORANGTUA / TEMAN BAIKMU / PEMBIMBING / GURU

Kategori :