Peresmian Pelayanan Langsung Masyarakat (PLM) Melalui Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB)

Senin 08-01-2024,19:18 WIB
Reporter : joni trumanbe
Editor : joni trumanbe

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng., Sc, Direktur jenderal survei dan pemetaan pertanahan dan ruang kementerian agraria dan tata ruang/badan pertanahan nasional meresmikan Pelayanan Langsung Masyarakat (PLM) layanan pengukuran dan pemetaan bidang tanah di Kantor Pertanahan Kota Jambi, Senin (8/01/2024).

Dalam peresmian tersebut turut dihadiri Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih, Kakanwil BPN Provinsi Jambi Agustin Samosir, Katantah Kota Jambi Hari Susetyo dan pejabat lainnya.

Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional,  Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng., Sc mengatakan peresmian ini merupakan bagian dari upaya Kementerian ATR/BPN untuk terus meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat, termasuk dalam hal pengukuran bidang tanah.

Peresmian Pelayanan Langsung Masyarakat (PLM) melalui Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) merupakan satu langkah yang dipilih langkah Kota Jambi untuk memaksimalkan target pengukuran bidang tanah di Kota Jambi.

“Juru ukur BPN di seluruh indonesia itu hanya 1.200, jadi jumlah ini sangat minim sekali sehingga pelayanan pengukuran dan pemetaan tanah menjadi tidak maksimal,” ungkap Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng., Sc.

Dengan adanya peresmian ini masyarakat dapat mendaftarkan langsung proses pengukuran tanah ke Kantor Jasa Surveyor Berlisensi tersebut.

“Tidak usah khawatir dengan KJSB ini karena sudah memiliki lisensi, jadi masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas pengukuran yang dilakukan oleh KJSB yang ada di sini, dengan ini kita harapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik,” katanya.

Harapannya kepada surveyor bersertifikat juga aktif menjemput bola atau mensosialisasikan Pelayanan Langsung Masyarakat (PLM) ini kepada masyarakat.

Sementara itu, Kakanwil BPN Provinsi Jambi Agustin Samosir menyatakan bahwa peresmian PLM ini diharapkan dapat menjadi percepatan pelayanan kepada masyarakat, utamanya pelayanan pertanahan.

“Karena di kantor BPN sering ada pekerjaan yang overload, sehingga dengan adanya PLM melalui Kantor Jasa Surveyor ini dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat di Kota Jambi, terlebih sebentar lagi Kota Jambi seperti yang disebutkan oleh Menteri ATR/BPN beberapa waktu akan dideklarasikan sebagai Kota Lengkap,” tuturnya.

Semoga dengan diresmikannya Pelayanan Layanan Masyarakat (PLM) melalui Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) Kantor Pertanahan di Kabupaten yang lain dapat mengikuti langkah yang diterapkan Kota Jambi. (*)

Kategori :