Perkuat Sinergitas Humas, HDI Kemenag Jambi Gelar Pertemuan Stakeholder Kehumasan

Rabu 06-12-2023,15:16 WIB
Reporter : Andri Brilliant Avolda
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pengelola Kehumasan Data dan Sistem Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi mengakrabkan diri dengan pengelola kehumasan Kemenag Kabupaten/Kota terdekat. Tak hanya itu juga ikut perwakilan pemuda-pemudi lintas agama dalan kemasan mancakrida atau kegiatan luar ruangan di salah satu taman wisata di Kota Jambi, Rabu (6/12/2023).

Melalui kegiatan Peran Serta Stakeholder Kehumasan Dalam Moderasi Beragama di Era Transformasi Digital, tim kerja HDI Kanwil Kemenag Jambi berusaha mengajak peran aktif pengelola kehumasan untuk memperkuat keterbukaan informasi publik sebagai salah satu tanggung jawab humas pemerintah kepada publik. Hal inilah yang disampaikan oleh Ketua Tim Kerja HDI Kanwil Kemenag Jambi, H.Paspihani.

Hal tersebut juga diperkuat oleh Kalanwil Kemenag Jambi, H. Zoztafia saat membuka kegiatan yang menyerukan agar para kehumasan pemerintah, khususnya Kemenag Jambi agar eksis menyuarakan kebijakan dan program strategis pemerintah agar dapat dipahami masyarakat secara luas. Sekaligus responsif dalam menangkal berita-berita negatif, bahkan cenderung hoax.

Humas pemerintah harus selalu tampil terdepan dalam setiap aktivitas pemerintahan. Tentunya, dilengkapi perangkat kehumasan yang memadai sebagai pendukung pekerjaan kehumasan. "Bukan mau riya'. Namun, berbanggalah menjadi humas pemerintah," kata Ka.Kanwil.

Memperluas wawasan dan kompetensi kehumasan pada ruang pemerintahan, Achmad Riky Sufrian, selaku narsumber dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jambi mengajak humas pemerintah untuk aktif mempublilasikan informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui variasi penulisan dapat diangkat dari berbagai sudut pandang. Hal inilah yang dipaparkan praktisi salah satu media nasional tersebut dalam materi Menulis Berita Berbasis Mobile Jurnalism.

Perkembangan publikasi kepada publik tidak hanya terbatas pada tulisan, melainkan penggunaan audio visual. Sehingga pada kesempatan tersebut, pengembangan kompetensi kehumasan diperluas melalui materi Fotografi dan Videografi Berbasis Transformasi Digital yang dikemukakan oleh Raden Muhammad Fazrin sebagai salah satu narasumber dari Searah.

Kanwil Kemenag Jambi mengharapkan agar melalui pengembangan kompetensi tersebut, maka sinergitas humas Kemenag Jambi akan semakin berkualitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. (aan)

Kategori :