Menyanyikan Lagu: Mengakhiri pelajaran dengan menyanyikan lagu bersama-sama dapat menciptakan pengalaman yang positif dan memperkuat keterampilan berbicara dan mendengarkan.
Penggunaan lagu yang bermakna positif dalam pembelajaran literasi di kelas 5 SD adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman anak-anak dan menumbuhkan sikap positif. Lagu dapat menggabungkan aspek kognitif dan emosional dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan mendukung bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus mengintegrasikan lebih banyak lagu yang bermakna positif dalam kurikulum literasi mereka untuk membantu siswa meraih potensi terbaik mereka dan menjadi individu yang lebih bijaksana dan berempati. Dengan cara ini, kita dapat membentuk generasi muda yang kuat, berpengetahuan, dan penuh semangat.
Selain itu, penggunaan lagu juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa anak-anak. Dalam menghafal lirik lagu, anak-anak akan terbiasa dengan kosakata baru dan pengucapan yang benar. Mereka juga dapat mengasah keterampilan berbicara dan mendengarkan saat menyanyikan lagu bersama-sama. Hal ini dapat membantu mereka menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan sosial mereka.
Untuk mengoptimalkan penggunaan lagu dalam pembelajaran literasi, guru harus memilih lagu dengan teliti dan memastikan bahwa liriknya sesuai dengan nilai-nilai positif yang ingin diajarkan. Selain itu, guru juga harus memastikan agar penggunaan lagu tidak mengganggu proses pembelajaran lainnya, dan tetap memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Dalam era digital saat ini, guru juga dapat memanfaatkan teknologi untuk memperkaya penggunaan lagu dalam pembelajaran literasi. Misalnya, guru dapat menggunakan video musik atau karaoke untuk menampilkan lirik lagu. Hal ini dapat memperkuat pengalaman belajar dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Dengan memanfaatkan lagu yang bermakna positif dalam pembelajaran literasi, kita dapat membantu siswa meraih potensi terbaik mereka dan menjadi individu yang lebih bijaksana dan berempati. Oleh karena itu, penggunaan lagu dalam pendidikan dasar harus terus dioptimalkan dan dikembangkan agar dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak-anak di masa depan. (*)
*) Penulis Adalah Guru SDN 122/IX Petaling, Kabupaten Muaro Jambi