Ke Kota Jambi Cuma Sehari, Ini Spot Wisata yang Bisa Dikunjungi, Catat Itinerarynya

Sabtu 07-10-2023,17:40 WIB
Reporter : Dona Piscesika
Editor : Dona Piscesika

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Punya rencana jalan-jalan ke Kota Jambi namun hanya punya waktu sehari saja?

Tenang, anda masih bisa menikmati spot-spot wisata, tetap bisa mengabadikan kenangan di berbagai spot wisata yang mudah dijangkau namun tetap menarik di sekitar Kota Jambi.

Catat, berikut itinerary atau daftar rencana perjalanan wisata di Kota Jambi, dengan asumsi memulai perjalanan wisata pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:30 WIB.

1. Jam 09.00 – 10.00 Jembatan Gentala Arasy

Kita akan mulai pagi hari  pukul 09.00 dengan mengunjungi Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini terletak di pusat Kota Jambi, merupakan ikon Provinsi Jambi yang menghadirkan jembatan lengkung berbentuk huruf S dengan struktur kabel di atas jembatan.


Jembatan Gentala Arasy ikon Provinsi Jambi-IG @da_wibowo-

Jembatan ini wajib dikunjungi, karena jembatan ini memberikan pemandangan sungai terpanjang di Sumatera yaitu Sungai Batanghari

Di sini anda bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari jam 09.00 hingga 10.00 WIB. Waktu ini cukup juga untuk anda yang ingin mencoba menyeberangi jembatan berjalan kaki sepanjang 500 meter.


2. Jam 10.30 – 11.00 Tugu Keris Siginjai

Dari Jembatan gentala Arasyi, kita melanjutkan perjalanan sekitar 30 menit ke Tugu Keris di Kawasan komplek Kantor Wali Kota Jambi di Kota Baru.

Pukul 10.30 kita sudah sampai di tugu ikon Kota Jambi yang menghadirkan lambang keris kerajaan Jambi pada masa lampau.

Tugu ini terlatak di tengah perempatan jalan protokol Kota Jambi, berhati-hati jika hendak mendekati tugu.


Tugu Keris Kota Jambi-FOTO: Screenshoot IG @humaskotajambi. -

Atau jika ingin mengambil foto dari jarak tidak terlalu dekat, bisa dilakukan dari sekitar pedestarian yang ada di Kawasan ini.

Kawasan ini kebetulan juga menjadi lokasi untuk bersantai dan tempat nongkrong saat weekend.

Trotoar di sekitar Tugu Keris Siginjai dirancang lebar dan dilengkapi banyak kursi taman dan beberapa alat olaharaga, masyarakat Kota Jambi sering pula menyebut Kawasan ini dengan nama Taman Jomblo.

Di sini, kita tak membutuhkan waktu lama kalau hanya sekedar foto stop atau berhenti berfoto, 30 menit rasanya sudah cukup.

3. Jam 11.30 – 12.30 Makan Siang di Restoran Pilihan

Sudah pukul 11.00, saatnya makan siang setelah tadi cukup lelah mengunjungi Jembatan Gentala Arasy  dan Tugu Keris Siginjai.

Urusan kuliner, Kota Jambi adalah surganya. Begitu banyak pilihan restoran di Kota Jambi.

Jika ingin makan pempek, anda bisa memilih banyak toko pempek yang terkenal di Jambi seperti Pempek Selamat, Pempek Asiong, Pempek Mamad, Terang Bulan dan banyak lainnya.


Pempek khas Jambi-IG @pempek.selamat-

Jika ingin makan berat seperti nasi, bisa pula mengunjungi beberapa restoran seperti Andoenk, rumah makan Taraso, rumah makan Munir, dan lainnya.

Atau ingin makan ala resto dan kafe? Juga banyak pilihan, mulai dari resto yang menjual menu nusantara, menu Jepang, Korea, semua ada, baik yang brand nasional maupun brand lokal tapi kualitas nasional.

4. Jam 12.30 – 13.30 Sholat di Masjid Seribu Tiang

Jika anda beragama Islam, bisa melanjutkan wisata religi sambil menjalankan sholat dzuhur di Masjid Al Falah atau biasa disebut masjid seribu tiang.


Masjid Seribu Tiang Al Falah Jambi-IG @riezkaahmadie-

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Jambi. Tiangnya yang banyak dengan ukiran khas Jambi, membuat suasana beribadah di sini semakin nikmat.

Masjid ini tidak memiliki dinding, hal ini akan memberi rasa sejuk bagi siapa saja yang ada di dalamnya.

5.    Jam 13.30 – 16.30 Candi Muaro Jambi

Ada satu spot wisata yang terkenal di Jambi dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Jambi yaitu Candi Muaro Jambi.

Meski berada di Kabupaten Muaro Jambi, tetangga Kota Jambi, namun menuju ke sini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Rasanya belum afdol berwisata ke Kota Jambi jika tak mampir sekalian di Candi Muaro Jambi.


Candi Muaro Jambi-IG @candimuarojambi-

Di sini, anda bisa melihat komplek candi terluas di Asia Tenggara yang dibangun pada abad ke 7 hingga 12 masehi.

Candi ini konon lebih tua dari Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-8 hingga abad ke-9 Masehi.

Candi ini bukan candi yang terbuat dari batu seperti Borobudur maupun Prambanan, namun candi ini merupakan susunan batu tanah merah, sangat unik.

Berada di lokasi ini, tak cukup 1 jam, membutuhkan paling tidak 2-3 jam termasuk perjalanan dan waktu berkeliling.
 
6. Jam 16.30 – 17.30 Makan Durian

Puas di Candi Muaro Jambi, saatnya kembali ke Kota Jambi.
 
Sudah sore, saatnya menikmati kuliner khas Jambi lainnya yaitu durian.

Ya, Jambi sangat terkenal dengan duriannya yang enak dan legit.

Jika sedang musim, hampir semua sudut Kota Jambi akan menjual durian dan menjajakannya di atas trotoar plus tempat duduk lesehan disediakan.


Kota Jambi surganya kuliner durian-Foto: Dona/Jambi Ekspres-

Namun jika sedang tak terlalu banyak buahnya, ada beberapa toko khusus durian yang menawarkan durian kapan saja selalu ada, diantaranya Toko Angga Durian, Toko AA Durian dan beberapa toko durian lainnya.

Di sini, anda bisa memilih durian sepuas hati sesuai harga yang telah ditetapkan. Dengan jaminan, jika durian tak enak, busuk, mentah, tidak manis, jaminannya langsung dapat diganti, tanpa harus membayar lagi.

Sudah sore, saatnya beristirahat. Jika anda memang ingin melanjutkan perjalanan, bisa langsung melanjutkan perjalanan kembali ke kotanya.

Atau jika menginap, bisa langsung menuju penginapan. Kota Jambi memiliki banyak pilihan hotel dan penginapan, tinggal cari di aplikasi, penginapan seperti apa yang diinginkan untuk berisitirahat, mau yang berbintang atau tidak, semua ada.

Demikianlah itinerary perjalanan kunjungan wisata di Kota Jambi sudah termasuk waktu perjalanan dari satu spot ke spot lainnya meski anda hanya punya waktu satu hari di Jambi. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi. (*)





Kategori :