Ternyata Segini Panjang Tol Cisumdawu yang Akan Tersambung Utuh di Bulan Juni 2023

Selasa 13-06-2023,21:09 WIB
Reporter : Dona Piscesika
Editor : Dona Piscesika

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) akan tersambung seluruhnya mulai Juni ini.

 

Berapa panjang Tol Cisumdawu jika tersambung utuh? Ternyata mencapai 62 Kilometer. Jika ditempuh dalam waktu 80 kilometer per jam, maka ruas tol ini akan memakan waktu tidak sampai 1 jam dari Cileunyi - Sumedang - Dawuan.

 

 

Lebaran 2023 lalu, Tol Cisumdawu sebenarnya sempat dibuka secara fungsional di Seksi 4 - Seksi 5 dari Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 Kilometer. Kemudian ditutup kembali karena beberapa pekerjaan tol kembali dilanjutkan.

 

Pertengahan Juni ini, ruas ini akan kembali dibuka, untuk selamanya, melayani secara utuh pengguna tol Cisumdawu. Dan kini Seksi 4-6 ini masih terus dikebut finishingnya. 

 

Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono mengatakan, target pada 15 Juni ini semua ruas tol Cisumdawu akan mulai tersambung dan tanggal 12 Juni pekerjaan fisiknya ditargetkan rampung. 

 

BACA JUGA:Oliv Istri Selebriti Denny Sumargo Kini Terkait dengan Tol Cisumdawu Punya Jabatan Penting

 

BACA JUGA: Performa CMNP dan Tol Cisumdawu Sama-sama Terbang Naik

 

“Sehingga Tol Cisumdawu siap beroperasi dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini," jelas Triono pada Jumat (9/6).

 

Tol Cisumdawu ini terbentang dalam 6 seksi. Dimana seksi 1 Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 Kilometer beroperasi sejak Januari 2022. 

 

Kemudian Seksi 2 Pamulihan - Sumedang sepanjang 17,05 Kilometer dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 Kilometer telah beroperasi sejak Desember 2022.

 

Secara keseluruhan, Tol Cisumdawu ini telah menelan dana investasi  sebesar Rp 5,5 triliun. 

 

BACA JUGA:Ini Dia Komisaris Cantik di Balik Pembangunan Tol Cisumdawu, Putri Jusuf Hamka yang Mualaf

 

BACA JUGA:Bangun Tol Cisumdawu, Berikut Peran Perusahaan Jusuf Hamka yang Nagih Utang Rp179 M ke Negara Itu

 

BACA JUGA:Segini Waktu Tempuh Melewati Terowongan Tol Cisumdawu, Estetik Berasa di Eropa

 

BACA JUGA:Mewah! Masuk Rest Area Tol Cisumdawu Berasa Masuk Bandara Kelas A, Banyak Barang Branded dan Resto Hits

 

Meski ruas jalan tol telah tersambung utuh, nanti beberapa pekerjaan lain akan masih tetap berlangsung diantaranya pekerjaan landscaping, penghijauan di sekitar jalan tol. 

 

Penghijauan akan dilakukan di lereng dan bahu jalan. Saat ini Landscaping sudah mulai dilakukan di Seksi 4. “Nanti akan kami replikasikan di seksi lain berikutnya," lanjut Triono. (dpc)



Kategori :