Apa Benar Kayu Manis Kerinci Bagus untuk Kejantanan Pria? Ini Penjelasan Dokter

Sabtu 08-10-2022,05:00 WIB
Editor : Dona Piscesika

JAMBI. JAMBIEKSPRES.CO.ID - Apa iya kayu manis yang pohonnya banyak di Kabupaten Kerinci bisa meningkatkan kejantanan kaum pria? 

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, dalam forum Tanya Dokter, kayu manis memang benar mengandung salah satu zat penting untuk kejantanan kaum pria.

“Kayu manis adalah herbal yang sangat kaya antioksidan, kayu manis mengandung likopen, kolin, beta karoten, dan sebagainya,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah.

“Seperti kita ketahui, untuk meningkatkan kejantanan seorang pria, antioksidan fungsinya sangatlah penting. Menurut beberapa sumber, aplikasi kayu manis secara langsung pada kulit (termasuk kulit kelamin) juga bisa menghasilkan efek menghangatkan, membuatnya mampu lebih kuat dan tahan lama” lanjut dr Nadia.

Namun kata dr. Nadia, jumlah penelitian akan manfaat kayu manis untuk kejantanan pria ini masih belum banyak dan masih sangat terbatas.

“Masih terbatas penelitian yang secara spesifik dilakukan untuk menguji seberapa besar efektifitas penggunaan kayu manis dalam meningkatkan (kejantanan). Sebab itu, kami tidak berwenang juga menjelaskan secara mendetail pada Anda tata cara penggunaannya,” lanjut dr Nadia.

Seperti kita ketahui, Kabupaten Kerinci merupakan penghasil kayu manis terbesar di Indonesia. Sebagian besar diekspor ke negara Singapura, Jerman, Belanda dan Amerika. Selain Kerinci beberapa daerah lain di Indonesia penghasil kayu manis yaitu Boyolali, Yogyakarta, Sumatera Barat, Ternate dan Lampung.

Manfaat Lain Kayu Manis

Dikutip dari Halodoc.com , kayu manis tak cuma baik untuk penyedap makanan, kayu manis juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

1. Menurunkan Diabetes

Tutin minum air rebusan kayu manis dapat menurunkan resiko diabetes. Kayu manis jenis Cassia merupakan kayu manis yang dinilai paling efektif untuk menghindari penyakit diabetes. 

2.Mengatasi Nyeri Menstruasi

Minum air rebusan kayu manis bagus untuk nyeri haid. Dikutip dari National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian mengenai ini yang dituliskan dalam jurnal The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial.

Penelitian tersebut memberikan 3 gram kayu manis dan efek plasebo selama 3 hari pada beberapa wanita. Wanita yang mengkonsumsi kayu manis mengalami nyeri haid yang jauh lebih ringan, dibandingkan wanita yang mengonsumsi efek plasebo.

3. Tubuh jadi Lebih Sehat

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kayu manis membuat tubuh jadi lebih sehat ketika rutin minum rebusan kayu manis. Antioksidan membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat memicu rusaknya jaringan atau sel dalam tubuh. 

4.Menurunkan Risiko Peradangan

Kayu manis mengandung anti inflamasi di dalamnya. Dengan rutin minum rebusan kayu manis, dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh.

5.Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

Rutin minum rebusan kayu manis juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga membuat jantung juga menjadi lebih sehat.

6.Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam kayu manis dinilai bisa mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam kayu manis mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan tubuh sehingga bisa mencerna makanan lebih baik. Sehingga baik untuk menjaga berat badan. 

Itulah beberapa manfaat dari rutin minum rebusan kayu manis, selagi Provinsi Jambi khususnya di Kerinci jumlah kayu manis berlimpah, manfaatkan untuk menjaga kesehatan. (fin/hdc)

Kategori :