Sesuaikan Selera Konsumen,
CR-V Ingin Pimpin Pasar Lagi
JAKARTA- PT Honda Prospect Motor (HPM) siap bersaing lagi di segmen kendaraan sport utility vehicle (SUV) setelah memerkenalkan All New CR-V di Jakarta, kemarin. Semakin optimis diterima pasar domestic karena selain ditanamkan banyak fitur baru juga didesain menyesuaikan selera konsumen Indonesia.
Large Project Leader Honda R&D Co, Ltd. Automobile, Ryouji Nakagawa, mengatakan pada prinsipnya tidak banyak perubahan dari All New CR-V ini dibandingkan sebelumnya terutama dari sisi perawakan mulai dari wheelbase maupun sasis. Hanya saja panjang secara keseluruhannya berkurang 30 mm dan ketinggian dikurangi 30 mm sehingga kesannya semakin compact.
\"Tetapi dengan desain baru ini space kabin jadi lebih luas,\" ujarnya, kemarin.
Ry ouji mengaku melibatkan konsumen di Indonesia saat melakukan desain mobil ini. Dilakukan riset langsung ke lapangan untuk mendapatkan gambaran SUV seperti apa yang diinginkan pasar di kelas kendaraan ini. \"Termasuk penyesuaian dengan kondisi jalan di Indonesia,\" ungkapnya.
Hasilnya CR-V hadir dengan berbagai penyegaran dari segala sisi. Termasuk menanamkan banyak teknologi canggih yang sebelumnya sudah tersedia di generasi terbaru Honda Civic seperti Smart Key System, Automatic Air Conditioner, Wooden Texture pada dashboard, 8 way power seat adjustment, thin seat back, flat floor, intelligent multi information display (i-MID), steering wheel-mounted control, sampai integrated audio system.
\"Memang ini gabungan dari berbagai tuntutan. Harus senyaman sedan, setangguh SUV, dan bisa akomodir banyak kebutuhan dalam berkendara seperti MPV,\" tuturnya.
Dapur pacu SUV urban ini juga tidak luput dari perbaikan. Dilakukan peningkatan efisiensi dari intake dan exhause dari mesinnya sehingga mengurangi banyak friksi dan hasilnya terjadi peningkatan tenaga sebesar 20 horse power (PS). Terdapat dua jenis mesin yang dipasarkan di Indonesia yaitu tipe mesin 2.0 Liter dengan tenaga 155 PS dan mesin 2.4 Liter dengan tenaga maksimal 190 PS. \"Maka All New CR-V semakin tangguh baik kondisi\"off roadmaupun\"on road,\" yakinnya.
M arketing and After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy, mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2000 sampai saat ini CR-V sudah mencetak penjualan sebanyak 116.792 unit dan populasinya terbanyak di kelasnya. Dengan hadirnya tipe terbaru yang akan secara resmi dirilis di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 itu pihaknya menargetkan penjualan 1.600 unit perbulan.
\"Pada 2011, total penjualan CR-V sebanyak 11.760 unit dengan market share sekitar 15 persen. Jonfis mengatakan bahwa tahun lalu pihaknya terkendala musibah di Jepang dan Thailand sehingga kesulitan memenuhi permintaan pasar. Pada tahun ini, sampai dengan Agustus 2012 penjualan CR-V sudah mencapai 6.708 unit. \"Market share CR-V saat ini sekitar 18 persen tapi kami targetkan sampai dengan akhir tahun bisa sampai 25 persen,\" tekadnya.
Jonfis mengatakan bahwa CR-V mempunya tradisi positif di pasar Indonesia karena berhasil menjadi pemimpin pasar di kelasnya selama hampir 12 tahun. Sehingga dengan asumsi produksi dan kondisi perekonomian tetap positif maka pihaknya optimistis produk andalannya ini bisa kembali menjadi pemimpin pasar dalam waktu dekat.
(gen)