Kerinci dan Sungaipenuh Kekurangan Guru

Kamis 01-11-2012,00:00 WIB

SUNGAIPENUH-Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh saat ini masih mengalami kekurangan tenaga pengajar. Bahkan kekurangan ini mencapai ratusan orang guru. Dari data yang berhasil dihimpun koran ini melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci diketahui masih membutuhkan 349 guru, sementara kota Sungaipenuh masih membutuhkan lebih dari 200 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, Monadi, dikonfirmasi koran ini membenarkan persoaln kekurangan guru tersebut. Kekurangan guru paling banyak terjadi untuk guru Sekolah Dasar, yakni lebih kurang 300 orang, selebihnya lagi guru SMP, SMA, dan SMK. “Kita kekurangan guru SD sekitar 200 sampai 300 orang, dan juga beberapa orang guru SMP dan SMA,” ujarnya.

Ia mengatakan, kekurangan guru ini sudah disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kerinci, sebagai acuan untuk pengajuan formasi guru untuk tes CPNS 2013 mendatang. “Sudah disampaikan ke BKD, nanti tergantung BKD yang akan mengajukan formasinya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh, Sahrial Thaib juga mengakui bahwa Kota Sungaipenuh mengalami kekurangan guru. Adapun jumlahnya lebih 200 orang, mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Namun demikian, dengan adanya tes CPNSD Kota Sungaipenuh beberapa waktu lalu, sebagaian kekurangan guru untuk SD diperkirakan bisa teratasi. “Untuk guru SD saat ini sedang kita godok, karena kemarin formasi guru SD cukup banyak diterima,” kata Sahrial.

Meskipun demikian, kekurangan guru ini masih terjadi untuk guru SMK, atau guru kejuruan, yakni mencapai 30 orang. Pada tes tahun 2012 ini guru SMK juga diterima, namun belum memenuhi kekurangan, diperkirakan masih kurang sekitar 30 guru lagi. Dengan demikian solusinya dengan diajukan formasinya untuk tes CPNS tahun 2013, dan itu sudah disampaikan ke BKD

Sementara itu, Peltu Kepala BKD Kabupaten Kerinci, Evron Edison, dikonfirmasi oleh harian ini mengaku telah mengajukan formasi untuk tahun 2013 ke BKN pusat, melalui laporan Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja Pemkab Kerinci hingga 2016 mendatang, pada tahun 2011 lalu. Dalam penyusunan Anjab dan ABK tersebut, kata Evron, Pemkan Kerinci membutuhkan sebanyak 500 CPNS. “Kita akan melaksanakan Tes CPNS tahun 2013, formasi yang kita ajukan sebanyak 500 orang. Dan kebutuhan selama 5 tahun kedepan masih membutuhkan lebih dari 1500 guru,” ungkap Evron.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Sungaipenuh, Pusri Amsi, juga mengatakan pihaknya telah mengajukan analisis kebutuhan PNS di Kota Sungaipenuh untuk 5 tahun kedepan ke Badan Kepegawaian Negara. Menurutnya, berdasarkan data analisis yang telah dibuat oleh BKD Kota Sungaipenuh, kebutuhan CPNS di Kota Sungaipenuh untuk 5 tahun kedepan lebih dari 3.500 orang, termasuk tenaga guru.

(hdi)

Tags :
Kategori :

Terkait