Rasakan Efek Pemain di Liga Eropa

Jumat 30-11-2012,00:00 WIB

FILIPINA kembali harus merasakan efek negatif banyaknya pemain naturalisasi dalam skuadnya. Setelah di awal-awal Piala AFF 2012 lalu harus kehilangan beberapa pemain pilarnya seperti penjaga gawang Neil Etheridge dan gelandang Stephan Schroeck, kini giliran Jerry Lucena yang meninggalkan skuad Filipina.

  Sama seperti kasus Etheridge dan Schroeck, Lucena diminta kembali ke Denmark untuk memperkuat klubnya Esbjerg FC dalam sebuah pertandingan liga domestik pada akhir pekan ini. Padahal, tenaga pemain berusia 32 tahun ini sangat dibutuhkan pelatih Filipina Hans Michael Weiss di lini tengah.

  Saat menang atas Vietnam lalu, pemain blasteran Filipina-Denmark itu bermain penuh 2 x 45 menit. Kehilangan satu pilar di lini tengah secara tidak langsung bakal berpengaruh dengan permainan Filipina. Apalagi Carli de Murga yang diplot menggantikan Lucena performanya belum cukup bagus.

  \"Dengan tidak bermaksud mengecilkan peran dari pemain di posisi yang lain, (Jerry) Lucena menurut saya adalah pemain yang memiliki peran sangat penting. Mungkin kami bisa dengan mudah memasukkan penggantinya, tapi untuk mendapatkan yang sepadan dengan dia itu hanya keberuntungan saja,\" ujar Weiss kepada stasiun televisi Filipina, InterAKTV.

  Lebih lanjut, pelatih berkebangsaan Jerman itu menyebut sangat riskan jika timnya melakukan langkah spekulasi dengan mengganti pemain seperti Lucena itu. Bagaimana pun, kemenangan atas Myanmar tidak akan semudah yang ada di atas kertas. \"Kami tak mau berspekulasi, menang berarti lolos,\" imbuh dia. Lucena kemungkinan bisa kembali setelah babak penyisihan grup.

  Sejauh ini, langkah spekulasi yang dilakukan Weiss belum bisa dikatakan gagal. Paling kelihatan ada di sektor penjaga gawang. Weiss mempercayakan Eduard Sacapano sebagai penjaga gawang utama. Itu diambil setelah penjaga gawang kedua Roland Mueller juga dipanggil klubnya, Hoffenheim.

  Dari dua pertandingan yang sudah dijalaninya, Sacapano hanya kebobolan dua gol. Itu pun terjadi hanya di laga perdana kontra Thailand lalu. Nah, jika lolos ke semifinal, maka pilihan penjaga gawang akan bertambah dengan kembalinya Mueller ke skuad Filipina.

(ren)

Tags :
Kategori :

Terkait