JOGJAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menargetkan pangsa pasar double digit setelah dirilisnya Mobilio di segmen low multi-purpose vehicle (LMPV). Sejak diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 sampai kemarin, Mobilio sudah mendapatkan pesanan 10.500 unit. Tahun ini, mobil yang masuk di kelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Nissan Grand Livina itu ditargetkan terjual 80 ribu unit.
Marketing and After Sales Services Director HPM Jonfis Fandy mengatakan, market LMPV pada 2013 sekitar 370 ribu unit dan diperkirakan naik menjadi 400 ribu unit pada 2014. Mobilio diperkirakan meraih pangsa pasar sekitar 20 persen. \"Tahun pertama ini kita targetkan 80 ribu unit dan nanti bertahap naik sesuai demand,\" tutur Jonfis di sela test drive Honda Mobilio di Jogjakarta kemarin.
Pasar LMPV menguasai 40 persen dari total market kendaraan roda empat di Indonesia. Selama ini, HPM hanya bermain di market MPV, SUV, dan sedan yang pasarnya sekitar 25 persen. \"Tahun lalu Honda hanya bermain di market yang 25 persen. Kita mau masuk ke 75 persennya, dan dari 75 persen itu mayoritas adalah LMPV,\" ungkapnya.
Sampai tahun lalu, market share HPM sekitar 7-8 persen nang nangkring di urutan lima. Tahun ini, HPM menargetkan pangsa double digit dari 10 persen. \"Mungkin sekitar 10 persen atau sampai 14 persen,\" kata Jonfis.
(gen/oki)