SBY Klaim Pemilu 2014 Terbaik

Rabu 09-04-2014,00:00 WIB

Sementara kepada pada aparat keamanan, Kepolisian dan TNI, \"meminta untuk melakukan tugas pengamanan sebelum, selama, maupun sesudah pemungutan suara. \"Saya telah menginstruksikan (Kepada Polri dan TNI) untuk memberikan pengamanan khusus di Aceh, dan di tempat-tempat yang rawan lainnya,\" katanya.

 

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyatakan bahwa ada persoalan logistik pemilu di sebagian wilayah di Papua. Persoalan terbesar berada di Kabupaten Yahukimo, Papua. Hingga saat ini, baru 40 persen logistik yang telah sampai.\" \"Yahukimo baru 40 persen ya. Tapi sedang proses di jalan,\" kata Moeldoko di Kantor Presiden, kemarin.

 

Meski begitu, Moeldoko mengaku tidak bisa memastikan bahwa logistik tersebut bisa sampai tepat pada waktunya. Dia mengatakan, kemungkinan pelaksanaan pileg di Papua akan tertunda sampai dua hari. \"Bisa agak tertunda itu satu atau dua hari dari pemilu, khusus di Yahukimo,\" akunya. \"

 

Dari pihak kepolisian, Kapolri Sutarman mengungkapkan adanya penangkapan terhadap pelaku politik uang di beberapa lokasi. Yakni, daerah Palopo, Sulawesi Tengah dan Gunung Kidul, DIY. Mereka tertangkap saat membawa uang pecahan kecil dalam jumlah besar.

 

\"Kemarin kita menangkap di Palopo dan Luwu, orang bawa uang recehan Rp 10-50 ribu. Di Gunung Kidul, baru menangkap pelaku dengan uang Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu hampir 2 karung, jumlahnya Rp 500 juta,\" ungkapnya.

 

Namun, lanjut Sutarman, hingga saat ini belum ditemukan keterkaitan antara para tersangka dengan partai politik atau caleg tertentu. Meski begitu, pihaknya memastikan akan berlaku objektif dalam menanangani kasus politik uang. Pihaknya juga akan melakukan sejumpah upaya pengamanan untuk mencegah terjadinya politik uang.

 

\"Saya sudah perintahkan dalam minggu tenang, terus merazia hingga besok untuk duit-duit, mudah-mudahan rakyat kita tidak terpengaruh dengan uang,\"imbuhnya.

(Ken)

Tags :
Kategori :

Terkait