SBY Klaim Pemilu 2014 Terbaik

Rabu 09-04-2014,00:00 WIB

JAKARTA - Sehari menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar rapat terbatas (ratas) persiapan pengamanan pileg bersama para menteri dan pejabat teknis terkait. Dalam kesempatan tersebut, SBY menyatakan bahwa pelaksanaan pileg kali ini berlangsung aman dan kondusif.

 

Bahkan, SBY mengklaim bahwa pelaksanaan pemilu kali ini, lebih baik dibanding pemilu sebelum-sebelumnya, termasuk saat masa kampanye. \"Ingin saya sampaikan kepada rakyat Indonesia bahwa pelaksanaan kampanye pemilu legislatif tahun 2014 ini, berlangsung secara aman, tertib dan lancar. Atmosfer di lapangan saya kira, rakyat kita juga merasakan jauh lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,\"urainya usai ratas di Kantor Presiden, kemarin

 

SBY menuturkan, berdasarkan pengamatan dan evaluasi pemerintah, pelaksanaan pemilu kali ini jauh lebih baik dibanding pemilu sebelumnya. \"Membaiknya atmosfir penyelenggaraan pemilu kali ini, didukung oleh tingginya kesadaran masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi, tidak ada korban jiwa, tidak ada benturan fisik antar partai peserta pemilu, pelanggaran pemilu dan kecelakaan lalu lintas juga menurun drastis.

 

\"Inilah yang harus kita jaga, agar pada pemilihan umum\" (pemilihan presiden) dan pemilihan umum 2019. Kalau lima kali kita melaksanakan pemilu yang damai dan demokratis, maka Indonesia boleh berbangga, dan bersyukur karena telah menjadi negara demokrasi yang mapan dan matang,\" ujarnya.

 

Namun, Presiden RI keenam itu tidak memungkiri

Adanya beberapa insiden di Aceh, yang terjadi akibat perbedaan dari partai lokal dan partai nasional di sana. Tapi secara keseluruhan pihaknya bersyukur karena rakyat makin matang dalam kesadaran berpolitik, termasuk petugas keamanan yang menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan lampanye.\"

 

\"Dibandingka n dengan pemilu sebelumnya, kita memasuki tahapan demokrasi dengan matang. Bila kita jaga terus kita memasuki era demokrasi yang makin matang dan mapan. Artinya, dari tahun 2009 bisa kita rasakan hasilnya. Kalau lima kali kita laksanakan pemilu yang peaceful dan democratic, termasuk sudah matang,\" urainya.

 

Karena itu, SBY mengajak rakyat Indonesia untuk membantu memastikan proses pemungutan suara berlangsung aman, tertib, lancar dalam pemilu kali ini. Dia juga meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan\" bebas, langsung dan rahasia. \"Esok hari (hari ini) rakyat Indonesia akan kembali menggunakan hak pilihnya untuk memilih para wakil mereka di parlemen, baik itu DPR RI, DPD RI, maupun DPRD, dan tentunya menjatuhkan pilihannya pada partai politik yang diyakini bisa membawakan aspirasi dan suara mereka. Selaku kepala negara, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memastikan proses pemungutan suara berlangsung aman, tertib, dan juga fair dan bebas dari penyimpangan,\" katanya.

 

Tags :
Kategori :

Terkait