JAMBI-Semen Padang masih menjadi leader dalam penjualan semen di Provinsi Jambi.Buktinya, hingga September 2014, market share Semen Padang mencapai 82 persen. Market share tersebut meningkat bila dibandingkan dengan priode yang sama dari tahun sebelumnya.
“ Jambi merupakan salah satu pasar utama Semen Padang. Kita optimis kedepan market share di Jambi bisa mencapai 90 persen,” kata Staff Ahli Direkur PT Semen Padang, Desri Ayunda kepada Jambi Ekspres kemarin.
Untuk meningkat market share, PT Semen Padang gencar melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.
Kemarin (11/9) sosialisasi dilakukan di Kantor Dinas PU Provinsi Jambi, yang menyasar seluruh stackholder di dinas tersebut. Sedangkan hari ini (12/9), PT Semen Padang menggelar sosialisasi produk yang menyasar RMC dan Industri Beton di Jambi.
Desri Ayunda mengatakan, kegiatan sosialisasi product Semen Padang tersebut dilakukan di enam daerah dan Jambi menjadi daerah pertama.
\"Jambi menjadi daerah pertama untuk sosialisasi product Semen Padang karena merupakan tetangga yang dekat dengan Sumbar,\" ungkap Desri.
Selain itu, kebutuhan semen di Provinsi Jambi terus meningkat, bahkan setiap bulan Jambi membutuhkan sekitar 50 ribu sampai 60 ribu ton perbulan. “ Untuk suplay kita menjamin terpenuhi. Insya Allah dengan dibangunnya pabrik baru di Indarung VI nanti bisa memproduksi 6,5 ton, yang dipasarkan hanya 7,2 juta ton pertahun,” tegasnya.
Ia menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai product PT Semen Padang yang saat ini sangat cocok digunakan untuk pembangunan di Jambi. \"Selama ini masyarakat Jambi hanya mengetahui product Semen Padang OPC atau Type 1 yang pertama kali keluar. Padahal ada banyak produk-produk Semen Padang lainnya Tipe 2,Tipe 3, Tipe 5, PPC dan produk Semen PCC memiliki kualitas yang jauh lebih baik, ramah lingkungan dan sangat cocok untuk pembangunan di Jambi ini. Apalagi product tersebut sudah banyak di gunakan termasuk untuk pembangunan pabrik-pabrik di PT Semen Padang,\" papar Desri.
Dengan Sosialisasi yang dilakukan oleh PT Semen Padang tersebut, Desri berharap pengguna Semen di Jambi dapat menggunakan product Semen PCC dari PT Semen Padang. Dengan harga Semen PCC yang lebih murah 7% dibandingkan Semen Type 1.
Dalam Sosialisasi tersebut, juga hadir Kepala Biro Penjualan Wilayah 1 Sumatera-Ridwansyah, Nelvi Irawati-Kepala Biro Jaminan Kualitas, Manejer KKSP Novinaldi, Kepala Perwakilan Penjualan PT Semen Padang di Jambi Eri Elman dan Dosen Teknik Sipil Universitas Batanghari Jambi yang telah melakukan pengujian terhadap Semen OPC atau Type 1 dengan Semen PCC, Suhendra.
Sementara itu, Sekretaris PU Prov Jambi-Martayadi Tajuddin mengatakan, sosialisasi dari PT Semen Padang tersebut sangat bermanfaat sekali. \"Selama ini pemerintah dan warga Jambi hanya tau dengan product Semen Padang Type 1. Namun dengan adanya penjelasan pada sosialisasi kali ini pemahaman kita akan bertambah dan akan beralih menggunakan Semen PCC dari Semen Padang,\" ungkapnya.
Martayedi juga mengatakan, PT Semen Padang sangat berpeluang melakukan penjualan besar Semen di Jambi. Hal itu disebabkan, karena selain masyarakat Jambi telah menganggap Product Semen Padang adalah yang terbaik dan termurah, faktor kedekatan masyarakat Jambi dengan Ranah Minang dan penanaman modalnya 100% dalam negeri juga akan lebih menambah kepercayaan tersebut.
Untuk menjaga ketersedian stock Semen Padang di Jambi, Sekretaris PU Prov Jambi ini juga menyarankan agar PT Semen Padang membangun Packing Plant di Jambi. \"Kita tantang PT Semen Padang untuk membangun Packing Plant Semen di Jambi. Untuk lahan kita bisa siapkan,\" tegasnya.
Alasan tersebut menurut Marta disebabkan, karena dalam setiap tahunnya Jambi terus memperioritaskan pembangunan baik yang dilakukan dari dana APBD, APBN dan Swasta. Dengan demikian, kebutuhan semen untuk pembangunan di Jambi sangat besar yaitu 1,5 juta ton pertahun.