3. Toyota, Upstream
Iklan ini bermain-main dengan perasaan, saya yakin membuat banyak orang menitikkan air mata. Toyota menampilkan kisah hidup Jessica Long, perenang Paralympic, pemenang 13 medali emas. Bagaimana Jessica dulu diadopsi dari sebuah panti di Siberia.
Calon orang tua angkatnya diberi peringatan bahwa anak ini kedua kakinya harus diamputasi, dan hidupnya tidak akan mudah. Jessica Long tetap mereka adopsi, dan kemudian menjadi seorang champion. Sulit menemukan contoh cinta dan ketulusan hati lebih besar dari ini!
4. Bud Light Lemonade, Last Years Lemons
Di Amerika ada sebutan, kalau sesuatu sedang buruk, mereka menyebutnya sebagai \"lemon\" alias kecut. Merek bir satu ini sangat menyadari, bahwa 2020 adalah \"tahun lemon\" bagi hampir semua umat manusia. Bagaimana pandemi membuat begitu banyak rencana hancur, begitu banyak kegiatan tertunda, bahkan menghalangi aktivitas sehari-hari. Disimbolkan dengan hujan lemon menghancurkan banyak hal, dari orang bersepeda hingga pernikahan.
Di Amerika, ada pula ungkapan inspiratif: \"When life gives you lemon, you make lemonade.\" Minuman bir Bud Light Lemonade disimbolkan sebagai salah satu karya yang muncul dari tahun buruk itu...
5. Jeep, The Middle
Sangat sulit menggunakan tema politik untuk iklan, apalagi setelah pemilihan presiden yang begitu heboh di Amerika. Namun kali ini, Jeep seolah benar-benar menemukan \"jalan tengah.\" Mengambil tempat di sebuah gereja kecil di Kansas, yang merupakan titik tengah beneran daratan Amerika. Bintangnya The Boss, Bruce Springsteen.
Dia menyampaikan betapa sulitnya menemukan jalan tengah di era sekarang ini, antara yang negara bagian biru dan merah, antara pemerintah dan warga, antara kemerdekaan dan rasa takut. Springsteen menegaskan bahwa kita semua butuh berada di tengah.
Iklan ini ditutup dengan tulisan yang sangat relevan di era pemerintahan baru Amerika: \"To The ReUnited States of America\" (Untuk Amerika yang Kembali Bersatu).
6. Anheuser-Busch, Lets Grab a Beer
Di Indonesia, kalau ada perselisihan atau masalah, sering dicoba diakhiri dengan \"Ngopi yuk.\" Di Amerika, ekuivalennya adalah \"Lets get a beer.\" Iklan perusahaan bir ini kembali mengambil inspirasi dari pandemi, di mana banyak orang mengalami kesulitan hidup. Ada rekan kerja yang barusan di-PHK? Ajak dia ngebir. Sama-sama nyangkut di bandara tanpa kejelasan kelanjutan penerbangan? Ngebir bareng. Dan lain sebagainya.