Iklan-Iklan \"Juara\" Super Bowl

Rabu 10-02-2021,00:00 WIB


Wednesday, 10 Feb 2021

Oleh: Azrul Ananda

Super Bowl yang berlangsung Minggu lalu (7 Februari, Senin pagi WIB) bukanlah pertandingan yang menyenangkan buat saya. Tim favorit saya kalah he he he... Tampa Bay Buccaneers mengalahkan Kansas City Chiefs, 31-9.

Pesta olahraga terakbar itu sepertinya juga tidak berhasil menyuguhkan halftime show yang mengesankan. Penampilan The Weeknd memang tidak jelek, apalagi dengan koreografi dan teknologi yang digunakan. Namun juga tidak terlalu dipuji. Tidak seperti duet J.Lo dan Shakira yang menggetarkan tahun lalu.

Untungnya, ada satu hal yang tetap membuat Super Bowl edisi ke-55 ini super menghibur. Yaitu iklan-iklannya. Bahkan, bisa dibilang iklan-iklannya jauh lebih menghibur dari tahun lalu. Salah satu tahun paling kreatif, paling menyentuh hati, paling lucu. Tema pandemi, dengan segala konsekuensi dan sudut pandangnya, mendominasi iklan-iklan tersebut.

 

Total, ada 40-50 iklan muncul di Super Bowl ini. Semua iklan mahal tentunya, supaya sepadan dengan biaya memasangnya, yang mencapai Rp 80 miliar per 30 detik!

Sebagai orang yang dulu punya cita-cita jadi pembuat iklan, ada beberapa yang sangat berkesan. Salah satunya, Norway No Way dari General Motors, sudah saya bahas panjang lebar di tulisan edisi 119 (link di sini). Berikut beberapa iklan lain yang saya suka dan kenapa saya menyukainya:

1. Doritos, Flat Matthew

High concept dan lucunya sederhana, tapi sangat kena. Doritos, produsen camilan itu, memperkenalkan produk baru Doritos 3D (keripik kembung) menggunakan bintang kondang Matthew McConaughey. Tapi, entah karena apa (mungkin karena pandemi), Matthew digambarkan sedang \"flat\" alias kempis tipis. Sehingga kesulitan menikmati kehidupan sehari-hari.

Saat berjalan, dia melihat vending machine menjual Doritos 3D. Karena tipis, dia bisa menyelinap ke dalamnya. Membuka satu bungkus dan ngemil di dalam. Hasilnya, camilan itu membuatnya jadi \"3D\" lagi. Masalahnya, dia masih berada di dalam mesin. Dia pun jadi tergencet di dalamnya! Anak kecil pun bisa menikmati iklan ini!

 

2. Scotts Miracle-Gro, Keep Growing

Lagi-lagi iklan efek pandemi, di mana orang jadi lebih banyak di rumah dan mengisi keseharian dengan berkebun (Ya, orang Amerika juga seperti kita di sini). Kali ini, sejumlah selebriti digambarkan sedang menikmati kebun atau halaman rumah masing-masing.

Secara umum, ini iklan \"biasa.\" Tapi dapat perhatian istimewa karena menampilkan John Travolta berdansa TikTok bersama anaknya. John Travolta memang sudah tidak seperti waktu masih zaman film Grease atau Saturday Night Fever dulu, tapi dia masih memukau saat berdansa!

Tags :
Kategori :

Terkait