Kamis 15-07-2021,00:00 WIB

Tema:
PEMBENTUKAN DAN PENERAPAN KELAS IBU NIFAS DI PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI melalui kegiatan “Workshop Kelas Ibu Nifas, Pelaksanaan Kelas Ibu Nifas dan Yoga Nifas”


Oleh TIM Pengabdian kepada Masyarakat dari STIKes Baiturrahim Jambi:
Dr. Ns. Ratu Kusuma, S.Kep., M.Biomed; Tina Yuli Fatmawati, SKM., M.Kes dan Julaecha, M.Keb



Yoga Ibu Nifas oleh Instruktur 

Pelaksanaan Kelas Ibu Nifas

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu dari tiga kewajiban civitas akademika terutama dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Tim PkM dari STIKes Baiturrahim Jambi yang diketuai oleh Dr. Ns. Ratu Kusuma, S.Kep., M.Biomed dan 2 orang anggota (Tina Yuli Fatmawati, SKM., M.Kes dan Julaecha, M.Keb) serta dibantu oleh 2 mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan telah melaksanakan kegiatan PkM dengan tema “PEMBENTUKAN DAN PENERAPAN KELAS IBU NIFAS DI PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI pada tanggal 07-13 Juli 2021.

Kegiatan ini dibiayai oleh Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional sesuai dengan Kontrak Program Pengabdian kepada Masyarakat Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat dengan LLDikti Wilayah X Nomor: 093/SP2H/PPM/DRPM/2021.


Hingga saat ini, Kelas Ibu Nifas belum diprogramkan oleh Kementerian Kesehatan seperti halnya Kelas Ibu Hamil ataupun Kelas Ibu Balita. Oleh karena itu, Tim PkM dari STIKes Baiturrahim merasa tertarik membuat inovasi baru dengan membentuk dan melaksanakan Kelas Ibu Nifas di Puskesmas Koni Kota Jambi. Tim PkM dan Mitra (Puskesmas Koni Kota Jambi), PPNI dan IBI Provinsi Jambi dan semua pihak terkait, sangat berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi cikal bakal diprogramkannya Kelas Ibu Nifas oleh Kementerian Kesehatan. Kegiatan ini dilakukan melalui “Workshop Kelas Ibu Nifas, Pelaksanaan Kelas Ibu Nifas dan Yoga Nifas”.

Workshop dilakukan pada tanggal 07-09 Juli 2021 yang diikuti oleh semua perawat dan bidan di Puskesmas Kota Jambi yang berjumlah 23 orang termasuk Bidan Koordinator Poliklinik KIA dan Perawat Koordinator. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Koni (dr. Mefi Drastiana), dihadiri oleh Kepala Tata Usaha Puskesmas Koni (Imilda Utami Dewi, SKM., MM). Sambutan sekaligus pemberian materi oleh PPNI Provinsi Jambi (Ns. Syarbaini, S.Kep., MKM), Ketua PD IBI Provinsi Jambi (Hj. Suryani, Spd., MPH). Pemateri dari Tim PkM adalah Dr. Ns. Ratu Kusuma, S.Kep., M.Biomed dan Julaecha, M.Keb. Sedangkan Yoga nifas langsung diberikan oleh instruktur pre-postnatal yoga (Annisa Wulansari, SE., MM) kepada peserta workshop, ibu nifas dan keluarga yang hadir dalam kegiatan Kelas Ibu Nifas pada 10, 12 dan 13 Juli 2021. Semua rangkaian kegiatan dilakukan di Aula Puskesmas Koni Kota Jambi.


Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat merubah perilaku (peningkatan pengetahuan, perubahan sikap dan tindakan) perawat dan bidan yang telah mengikuti workshop Kelas Ibu Nifas tentang Kelas Ibu Nifas dan pelayanan nifas sehingga untuk masa yang akan datang dapat menerapkan Kelas Ibu Nifas sebagai salah satu bentuk pelayanan nifas terbaru di Puskesmas Koni, yang tentunya didukung oleh pimpinan puskesmas dan jajarannya. Selain perubahan perilaku tenaga kesehatan, kegiatan ini tentunya diharapkan dapat merubah perilaku ibu nifas dan keluarga khususnya tentang pelayanan nifas. Besar harapan kami, agar kelas ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan diikuti oleh semua ibu nifas khususnya Puskesmas Koni Kota Jambi.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Kemenristek- Brin, pimpinan Puskesmas Koni dan jajarannya, Ketua STIKes Baiturrahim, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Baiturrahim, mahasiswa dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait