Kagum pada RA Kartini Karena Gebrakannya, Pada Ratumas Sina Karena Keberaniannya

Selasa 15-03-2022,00:00 WIB

JAMBI - Siapa yang tak kenal pahlawan kita RA Kartini,beliau lah yang menggebrak banyak hal untuk perempuan Indonesia. RA Kartini mengubah perspektif semua orang terhadap perempuan, dampaknya pun terasa hingga sekarang. Sementara Ratumas Sina, beliau adalah pahlawan perempuan Jambi yang terkenal pemberani dan tangguh saat melawan penjajah Belanda.

“Dua perempuan ini sama-sama saya kagumi, keduanya memberi pengaruh besar terdap saya secara pribadi,” lanjut gadis bernama lengkap Inez, siswi SMKN 4 Sarolangun ini. RA Kartini dan Ratumas Sina memang dua orang yang berbeda, namun kata Inez keduanya mengubah cara pandangnya terhadap kekuatan perempuan.

“Bayangkan, seorang RA Kartini bisa membuat semua perempuan hingga generasi angkatan kita dapat perlakuan dan hak istimewa dalam kehidupan,” lanjut Inez, mulai dari hak menempuh pendidikan, berpolitik bahkan menyumbang pikiran untuk bangsa dan negara.

“Jika bukan karena RA Kartini mungkin kita-kita tak akan sekolah seperti sekarang, tak boleh punya cita-cita tinggi, ngga kebayang kalo kita hanya boleh urus rumah saja,” lanjut Inez. Ia pun berterimakasih atas perjuangan RA Kartini “Karena beliau lah saya bisa punya cita-cita jadi pengusaha sukses, bukan di rumah saja,” lanjut Inez yang lahir tanggal 7 Oktober 2004 ini. Ia pun mengaku tak ingin melewati kesempatan ini dengan baik, selagi di Indonesia perempuan punya hak yang sama bisa beremansipasi dalam banyak hal. “Karena di zaman sekarang masih ada lho negara yg perempuannya dibatasi dalam banyak hal, bersyukur banget jadi perempuan Indonesia,” lanjutnya.

Inez juga kagum dengan sosok seorang tokoh perempuan Jambi bernama Ratumas Sina. “Ratumas Sina itu saat berusia 13 tahun sudah berani berjuang untuk bangsa, ia turun melawan Belanda, itu yang saya baca,” kata Inez. Keberanian Ratu Mas diakui Inez membuat ia kagum, tak hanya turun perang pada malam hari, Ratumas Sina juga ikut mengatur strategi perang. “Zaman sekarang anak usia 13 tahun masih minta jajan sama mama papanya, tapi Ratumas Sina sudah punya peran besar memperjuangkan bangsa ini bebas dari penjajah,” lanjut Inez. Kedewasaan Ratumas Sina dan juga keberaniannya patut menjadi contoh bagi generasi muda Jambi sekarang. “Dengan segala keterbatasan pada zaman itu, ia punya keberanian, tak ada salahnya sifat berani Ratumas Sina kita ambil, sesuaikan dengan zaman saat ini,” lanjut gadis yang suka mendengar musik ini, menutup wawancara. (dpc)

Tags :
Kategori :

Terkait