>

Format Baru Piala Dunia 2026, Peluang Timnas Indonesia Menuju Kualifikasi

Format Baru Piala Dunia 2026, Peluang Timnas Indonesia Menuju Kualifikasi

Timnas Indonesia-PSSI-

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadirkan perubahan signifikan bagi wakil Asia, dengan kuota tiket yang meningkat menjadi 8,5.

Format baru ini memberikan harapan baru bagi negara-negara di Asia untuk bersaing dalam turnamen bergengsi tersebut.

Saat ini, kualifikasi sudah memasuki fase ketiga, yang menjadi tahap awal penentuan tim mana saja yang akan mendapatkan tiket menuju Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Fase ketiga kualifikasi ini terbagi menjadi tiga grup, masing-masing grup terdiri dari enam tim. Setiap negara diharuskan untuk bertanding sebanyak 10 kali. Dari fase ini, enam tim akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Tim Nasional Indonesia, di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong, tergabung dalam Grup C bersama dengan tim-tim kuat lainnya seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Dalam grup ini, dua tim terbaik, yakni juara grup dan runner-up, akan otomatis mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026. Ini berarti Timnas Indonesia harus berusaha sekuat tenaga untuk finis setidaknya di posisi kedua Grup C agar bisa melangkah langsung ke turnamen tersebut. Jika tidak berhasil, peluang masih ada dengan syarat Indonesia menempati peringkat ketiga atau keempat di klasemen akhir fase ketiga kualifikasi.

Jika Indonesia berhasil berada di peringkat ketiga atau keempat, tim akan melanjutkan ke fase keempat kualifikasi. Di fase ini, tim-tim yang berada di posisi sama dari Grup A, B, dan C akan dikumpulkan dalam dua grup baru. Setiap grup terdiri dari tiga tim, yang akan bertanding dengan sistem kandang dan tandang. Dengan demikian, masing-masing tim akan menjalani empat pertandingan.

Dari fase keempat ini, dua tim dengan peringkat teratas akan meraih tiket ke Piala Dunia 2026, bergabung dengan enam wakil Asia lainnya yang sudah lolos lebih dulu. Namun, perjalanan Indonesia untuk mencapai Piala Dunia belum berakhir di sini. Masih terdapat kemungkinan untuk melaju ke fase kelima kualifikasi dan mengikuti babak playoff antarbenua demi satu tiket terakhir.

Dua tim runner-up dari fase keempat akan bertanding dalam sistem kandang dan tandang. Pemenang dari pertandingan ini akan berhadapan dengan wakil dari konfederasi lain, seperti Afrika (CAF) atau Amerika Utara (CONCACAF). Jika tim Asia berhasil memenangkan playoff ini, mereka berhak melanjutkan ke putaran final Piala Dunia 2026, bersaing dengan 47 tim lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: