>

Pemberdayaan Kader Kesehatan untuk Eliminasi Stunting di Kelurahan Muara Bulian

Pemberdayaan Kader Kesehatan untuk Eliminasi Stunting di Kelurahan Muara Bulian

Penyerahan alat penilai status anak bayi dan balita--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka implementasi dana hibah dari Kemendukbud-Ristek pendanaan 2024, tim Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) STIKES Harapan Ibu Jambi. Program ini diketuai oleh Susi Widiawati, dengan anggota Sugiarto dan Ruri Putri Mariska  dan dilaksanakan dilaksanakan di Kelurahan dan Posyandu Wilayah kerja kelurahan. Kegiatan ini di lakukan untuk percepatan mengatasi stunting di wilayah tersebut.

“Stunting mengambarkan berbagai kondisi kesehatan pada anak, dilihat dari dimensi pertumbuhan dan perkembangan anak serta lingkungan kehidupan anak. Ciri anak stunting dapat dilihat dari ukuran antropometrik yaitu pendek atau sangat pendek, ini merupakan gambaran status gizi berdasarkan indeks tinggi badan menurut umur,” kata Ns. Susi Widiawati, M.Kep.


Peserta pelatihan kader kesehatan--

Dikatakannya, elimiasi stunting dilakukan dengan penguatan peran kader sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang telah dilakukan adalah pemberian materi terkait dengan peran kader posyandu antara lain, Mengidentifikasi anak yang berisiko stunting, Kader dapat mengidentifikasi anak yang berisiko stunting melalui pemeriksaan kesehatan rutin, seperti posyandu. Kader juga dapat mengumpulkan informasi tentang pola makan, status gizi, dan kesehatan anak dari orang tua atau keluarga. Pemberian informasi dan edukasi, Kader dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya nutrisi dan gizi yang seimbang bagi anak-anak agar terhindar dari stunting. Kader juga dapat memberikan informasi tentang jenis makanan yang baik dan buruk bagi pertumbuhan anak. Monitoring dan evaluasi: Kader dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kondisi gizi anak di wilayah kerjanya Pemberian makanan tambahan: Kader dapat memberikan makanan tambahan kepada anak-anak yang mengalami stunting. Pendampingan: Kader dapat melakukan pendampingan terhadap orang tua anak yang mengalami stunting.


Penyampaian materi eliminasi stunting--

“Dan kolaborasi: Kader dapat berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya seperti bidan, dokter, dan petugas kesehatan lainnya dalam melakukan pencegahan stunting,” terangnya.

Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa tanggal 10 September 2024, di aula kelurahan Muara bulian di Buka langsung oleh Kepala Puskemas Muara bulian Bapak Hadi Purnama, SKM, di hadiri oleh sekretaris Lurah Muarabulian, Penanggung jawab Posyandu puskemas Muara bulian, penanggungjawab lapangan Pengabdian kepada Masyarakat dari Pukesmas Muarabulian, dan 48 orang kader dan penanggungjawab posyandu dari kelurahan. Pada saat ini juga dilakukan penyerahan alat secara simbolis kepada kepala puskesmas Muara bulian. Materi di sampikan oleh Ns. Susi Widiawati, M.Kep sebagai ketua pelaksana  hibah PMP Kemendikbud-Ristek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: