>

Dari Notaris Kini Siap Maju Pilkada Kerinci, Begini Sosok Cawabup Aswanto

Dari Notaris Kini Siap Maju Pilkada Kerinci, Begini Sosok Cawabup Aswanto

Dari Notaris Kini Siap Maju Pilkada Kerinci, Begini Sosok Cawabup Aswanto --

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Pemilihan calon bupati dan Wakil Bupati Kerinci tingga tinggal 70 hari lagi, dimana banyak kejutan di pilkada tahun 2024 muncul beberapa nama anak muda yang mengisi percaturan politik kerinci, salah satu nama yang paling di sorot adalah Aswanto, aswanto muncul sebagai calon wakil Bupati Kerinci mendampingi dr Deri Mulyadi. 

Lalu siapa sebenarnya Aswanto, ini profilnya? 

Aswanto merupakan merupakan seorang tokoh muda energik, pemikir, dan visioner, yang saat ini aktif sebagai seorang praktisi hukum yang aktif sebagai seorang notaris. 

Aswanto lahir  di desa Lempur Mudik, 29 Oktober 1975. Menamatkan pendidikan dasar di SD Inpres 196 Lempur, lulus tahun 1988. SLTP ia tamatkan dari SMPN Lempur tahun 1991. Dan melanjutkan ke tingkat SLTA di SMA Lempur, lulus tahun 1994 Pada 1995, ia merantau ke Sumatera Barat, untuk menyelesaikan studi hukum di Universitas Bung Hatta, Padang. Lulus pada tahun 2000 dan berhasil menggondol gelar sarjana hukum (S.H.). 

Menantu dari Akmal Thayib, mantan Pj. Walikota Sungai Penuh, Melanjutkan  pendidikan ke jenjang pascasarjana di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah, dengan konsentrasi kenotariatan. Lulus pada tahun 2004. Ia juga telah mendapatkan pendidikan di Lemhannas pada 2018. 

Setelah menyelesaikan studi hukum, ia mengabdikan ilmunya ke masyarakat dengan memilih profesi sebagai Notaris sekaligus juga sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dari tahun 2005 hingga sekarang, di Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.  

Tidak hanya sekedar kuliah di kampus, Aswanto juga aktif berorganisasi. Pada 1997 sampai 1998, ia menjabat sebagai Ketua Harian Ikatan Mahasiswa Kerinci (IMK) Universitas Bung Hatta, Padang.  

Pada 2023-2024, ia dipercaya sebagai Ketua Ikatan Mahasiswa Magister Kenotariatan (IMMK) Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Ia juga aktif sebagai Ketua Pengurus Daerah I.N.I. MERSSI (Merangin, Sarolangun, Sungai Penuh, dan Kerinci). Ia menjabat juga sebagai Ketua I.N.I Pengurus Wilayah Jambi. 

Di dunia olahraga, ia dipercaya sebagai manajer Tim Persatuan Sepak Bola Kerinci (PSK) Gubernur Cup pada 2018. Dan juga sebagai manajer Tim Sepak Bola Kota Sungai Penuh pada Porda 2023. 

Sosok anak muda satu ini seperti mutiara yang hilang yang sekarang sudah ditemukan. Ia seakan menjadi tumpuan harapan dan representasi masyarakat Kerinci hilir untuk mewujudkan "Kerinci Raya" yang berkeadilan dan berkemajuan. 

Dalam panggung politik, Aswanto bukanlah figur yang baru. Ia sudah lama digadang-gadang sebagai calon pemimpin. Bahkan, Ir. H. Ami Taher, mengaku pernah berkeinginan menjadikan Aswanto sebagai calon wakil bupati sewaktu dirinya akan mengikuti pilkada beberapa tahun yang lalu. 

Pertimbangan Pak Ami, salah satunya, adalah Aswanto punya gagasan dan konsep pengembangan dunia pertanian. Aswanto dinilai sukses dalam bidang pertanian. 

Keluarga besar  

Aswanto memiliki keluarga besar. Hampir semua tokoh-tokoh besar dan berpengaruh dari Kerinci hilir merupakan bagian dari keluarga besar Aswanto. Sebut saja misalnya Haji Kahar (pengusaha sukses), Nasrul Madin (pengusaha dan mantan Ketua DPRD Kabupaten Kerinci), Jenderal Nazali Lempo (tokoh Nasional), Dasra (mantan Sekda Kerinci), Haji Akmal Thayib (mantan Pj. Walikota Sungai Penuh), Syukur Kelabrajo, dll.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: