>

Peralihan Musim, Waspada Cuaca Ekstrem di Muaro Jambi

Peralihan Musim, Waspada Cuaca Ekstrem di Muaro Jambi

Sri Utami Widyastuti, Koordinator data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Jambi.--

MUARO JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- BMKG Stasiun Klimatologi Jambi memprediksi pada awal desarian 1 hingga 3 pada bulan September ini, Kabupaten Muaro Jambi berada pada peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan.

Transisi dari musim kemarau ke musim hujan di Kabupaten Muaro Jambi telah terjadi sejak awal bulan September lalu, pada masa peralihan ini BMKG stasiun klimatologi Jambi mewanti-wanti potensi cuaca ekstrem yang terjadi pada pancaroba.

"Mulai dari hujan lebat di sertai angin kencang dan petir pada desarian satu september tengah terjadi hujan yang hampir menyeluruh," ujar Sri Utami Widyastuti, Koordinator data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Jambi.

Dijelaskkannya,  di 11 kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi dimana pada satu bulan sebelumnya tanpa ada hujan. Masa transisi ini di prediksi akan terjadi hingga desarian tiga bulan september ini.

"Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi bencana hidrometerologi seperti banjir longsor bahkan angin putting beliung," tuturnya.

Pada peralihan musim, kara Dia, BMKG juga mengingatkan kepada tim Satgas Karhutla potensi terjadinya peningkatan suhu udara yang meningkat  yakni hampir mencapai 37 derajat celcius.

"Suhu panas yang terjadi karena dampak teradinya perubahan iklim pada masa peralihan musim kemarau ke musim hujan," tukasnya. (wan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: