>

Apel Puncak Hari Pramuka ke-63, Renungan dan Ulang Janji Tingkat Kwarda Jambi

Apel Puncak Hari Pramuka ke-63, Renungan dan Ulang Janji Tingkat Kwarda Jambi

Ka. Mabicab Kota Sungai Penuh didampingi Waka/Ketua Komisi Binamuda, Ka. Kwarda Jambi, Sekretaris dan unsur pimpinan Kwarda Jambi saat Renungan dan Ulang Janji tingkat Kwarda Jambi--

SUNGAIPENUH, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Kwarda Jambi Tahun 2024, kembali dilaksanakan. Tahun ini kegiatan dilaksanakan di Kota Sungai Penuh. Peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 mengusung Tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

 

Tema ini bermakna bahwa semua Pramuka adalah Insan Pancasila. Yang bersedia mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, dalam membentuk generasi penerus bangsa. Hal itu, dikatakan oleh Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka melalui Waka/Ketua Komisi Binamuda Kak Dr. Sigit Mulyono, M.Pd Kons.


Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi saat Apel Puncak Hari Pramuka ke-63 di Kota Sungai Penuh--

Kak Sigit tiba di Jambi Jum'at (6/9) dan langsung menuju Kota Sungai Penuh, guna mengikuti Upacara Puncak tersebut, mewakili Ka.Kwarnas Gerakan Pramuka Sabtu (7/9)

Lebih jauh dikatakannya,

"Khusus pada Tri Satya Pramuka, memiliki tiga unsur, yang terdiri dari nasionalisme religius dan kemanusiaan. Ketiganya melebur jadi satu dengan sila-sila dalam Pancasila. Menurut saya seorang Pramuka pastilah seorang Pancasilais. Seorang yang Pancasilais pasti mencerminkan semangat dan jiwa kepramukaan. Oleh karena itu saya meyakini Pramuka akan melahirkan banyak pemimpin bangsa yang siap dan tangguh dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks," kata Kak Sigit, Sabtu (7/9) lalu.


Ka. Kwarda Jambi saat menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh Pramuka di Jambi--

Dijelaskannya, kiasan dasar Gerakan Pramuka, sebagai landasan Pendidikan Kepramukaan. Kiasan tersebut adalah perjalanan perjuangan Bangsa Indonesia, sejak berdirinya Budi Utomo, hingga saat sesudah kemerdekaan, yang dikiaskan dalam akronim istilah Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, yang penyebutannya, masih digunakan sampai  sekarang ini.

Sebelumnya, Ka. Kwarda Jambi, Kak Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka telah memberikan Pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi penerus pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

“Sebagai organisasi pendidikan non formal, Gerakan Pramuka dalam realitanya tidak hanya sekedar menangani character building saja, tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat yang diantaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada tim Search And Rescue (SAR, red), melaksanakan kegiatan Bakti seperti bedah rumah di berbagai penjuru tanah air, ikut aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah, dan sosialisasi hemat energi,” kata Ka. Kwarda Jambi, Kak Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H, Sabtu (7/9).


Apel Puncak Hari Pramuka ke-63 di Kota Sungai Penuh--

Dikatakannya, selain itu, Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi, turut andil dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat Sekolah Pertanian Terpadu yang bekerjasama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Food and Agriculture Organization (FAO), memberikan pelatihan Kepemimpinan kepada generasi muda secara berkelanjutan, mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum, agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini, maupun pada masa yang akan datang.

“Pada pelaksanaan Upacara Hari Pramuka ke-63, yang kita laksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 di Tingkat Nasional, Gerakan Pramuka telah mendapatkan arahan dari Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka bahwa seluruh insan Pramuka harus mewujudkan Gerakan Pramuka yang lebih modern, profesional dan Lincah. lakukan perbaikan yang konstruktif, solutif dan memberi manfaat nyata kepada masyarakat demi mewujudkan Gerakan Pramuka sebagai sebuah kekuatan bangsa. Menjadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengembangan diri bagi generasi penerus bangsa. karena Gerakan Pramuka akan melahirkan generasi yang tetap Tangguh, Unggul, dan berdaya saing, serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat, dalam upaya menuju Indonesia emas 2045. Menjadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk terus merawat harmoni, persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: