>

37,17 Persen Pelaku Kredit Macet RI Ternyata Gen Z dan Kaum Milenial

37,17 Persen Pelaku Kredit Macet RI Ternyata Gen Z dan Kaum Milenial

Ilustrasi Gen Z dan kaum milenial-pixabay-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Apa kabar Gen Z dan kaum milenial? Ini ada data terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), katanya kalian berkontribusi sebesar 37,17 persen pada kredit macet

 

Kredit macet dalam hal ini adalah tingkat wanprestasi (TWP) 90 Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) atau fintech peer-to-peer (P2P) lending atau pinjaman online untuk Juli 2024.

 

“Dari data yang ada, Gen Z dan milenial ini yang kami kategorikan di usia 19 sampai 34 tahun sekarang,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman di Jakarta, Jumat.

 

Dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Dewan Komisioner OJK Bulanan Agustus 2024, Agusman menuturkan tingkat risiko kredit macet secara agregat atau TWP 90 pada P2P lending, dalam kondisi terjaga di posisi 2,53 persen pada Juli 2024, menurun dibandingkan pada Juni 2024 yang sebesar 2,79 persen.

 

Sementara, outstanding pembiayaan di ​industri fintech peer to peer lending pada Juli 2024 terus meningkat menjadi 23,97 persen yoy, dengan nominal sebesar Rp69,39 triliun.

 

Untuk memitigasi risiko kredit macet oleh masyarakat termasuk generasi Z dan milenial, penyelenggara peer to peer lending telah diminta oleh OJK untuk membuat pernyataan peringatan kepada konsumen pada laman utama website maupun aplikasinya.

 

Kalimat peringatan tersebut berbunyi: Hati-hati, transaksi ini berisiko tinggi. Anda dapat saja mengalami kerugian atau kehilangan uang. Jangan berutang jika tidak memiliki kemampuan membayar. Pertimbangkan secara bijak sebelum bertransaksi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: