>

Pengembangan Potensi Masyarakat di Kelurahan Tahtul Yaman Kota Jambi Melalui Kegiatan KKN Tematik MBKM Unja

Pengembangan Potensi Masyarakat di Kelurahan Tahtul Yaman Kota Jambi Melalui Kegiatan KKN Tematik MBKM Unja

Pengembangan Potensi Masyarakat di Kelurahan Tahtul Yaman Kota Jambi Melalui Kegiatan KKN Tematik MBKM Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi melaksanakan program KKN-Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Desa Laboratorium Terpadu (DLT)  Universitas Jambi tahun 2024. Salah satu lokasi DLT Universitas Jambi adalah di Kelurahan Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota jambi. Adapun tema kegiatan ini adalah Pengembangan Potensi Masyarakat Melalui Kegiatan DLT-MBKM Membangun Desa di Kelurahan Tahtul Yaman Kota jambi.

Tim kegiatan ini terdiri atas dosen  Universitas Jambi yaitu Dr. Ade Octavia,SE.,MM, Dr. Lucky Enggrani Fitri, S.E., M.Si, Ridhwan,S.Ag,MEsy, Yayuk Sriayudha,SP.,MM dan Dr. Dedy Setiawan,S.Kom,M.T. kegiatan KKN Tematik ini diikuti oleh 10 orang mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Pada tanggal 20 Agustus 2024 mahasiswa diserahkan kepada lurah. Kegiatan serah terima Mahasiswa KKN-T ini dihadiri oleh ketua LPPM Universitas Jambi, Camat Pelayangan Kota Jambi, Lurah Tahtul Yaman Kota Jambi serta dihadiri beberapa dosen pembimbing KKN Tematik, dan Ketua RT 01, RT 03, RT 04, RT 06 dan RT 08 di Kelurahan Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi.

Camat Pelayangan, H. Gazali, S.E.,M.E, menyatakan bahwa banyak di wilayah tahtul yaman atau di kota seberang memiliki tempat wisata dan tempat bersejarah yang terkenal di Kota Jambi maka dari itu selain mahaiswa KKN  bisa merasakan keindahan berwisata di Lokasi tersebut, Camat Tahtul Yaman berharap mahasiswa juga dapat memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Tahtul Yaman seperti tempat wisata dan bersejarah ini ke masyarakat luas agar lebih di kenal.

Selanjutnya Lurah Tahtul Yaman, Zunedi,S.T, mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) UNJA yang telah mengadakan KKN tematik di Kelurahan Tahtul Yaman, kegiatan ini akan sangat membantu mereka dan warga terutama di bidang UMKM serta pengabdian Masyarakat yang akan membawa hal-hal baru pada kelurahan Tahtul Yaman.

Ketua LPPM Universitas Jambi, Dr. Ade Octavia S.E.,M.M menyerahkan secara resmi mahasiswa KKN Tematik MBKM Universitas Jambi. “terima kasih kepada bapak lurah dan bapak camat yang telah menerima kami di kelurahan tahtul yaman ini, semoga dengan adanya program KKNT yang akan dijalankan oleh mahasiswa nanti bisa membantu masyarakat dalam pengembangan potensi-potensi yang ada di wilayah ini”. Selama lebih kurang 6 bulan, mahasiswa akan berkegiatan di luar kampus dalam program membangun desa/KKN tematik MBKM. Adapun program kerja yang akan dilaksanakan selama mahasiswa berkegiatan di kampus meliputi  pemetaan potensi wilayah, profil desa, potensi seni, potensi usaha produktif, kelembagaan dan sarana pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai Indikator Perguruan Tinggi (IKU) 2 yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, IKU 3 yaitu dosen berkegiatan di luar kampus dan IKU 5 yaitu hasil kerja dosen yang digunakan oleh Masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: