>

Cukup Pake HP Bisa Siram Tanaman Cabai, Inovasi Himatektan UNJA di Penyengat Rendah

Cukup Pake HP Bisa Siram Tanaman Cabai, Inovasi Himatektan UNJA di Penyengat Rendah

Cukup Pake HP Bisa Siram Tanaman Cabai, Inovasi Himatektan UNJA di Penyengat Rendah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tim PKK Ormawa Himatektan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi (UNJA) meresmikan pemindahan bibit cabai ke lahan percobaan di Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, Pada Jumat (30/8/2024). Kebun percontohan  penerapan Inovasi teknologi pertanian pada budidaya dan pengolahan cabai dalam mendukung Gerak Nasional Tanam (Gertam) cabai di kelurahan Penyengat Rendah ini menggunakan internet. Petani ataupun warga yang menggunakan Inovasi ini tidak perlu repot untuk ke lokasi pertaniannya tetapi hanya dengan handphone bisa menyiram tanaman walaupun sedang tidak berada di lokasi pertanian.

 

Peresmian pemindahan bibit cabai ke lahan percontohan dilakukan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Hafrida, S.H.,M.H. serta dihadiri Dekan Faperta Dr. Forst. Bambang Irawan, S.P.,M.Sc.IPU, Wakil Dekan Bidang Dr. Fuad Muchlis, S.P,.M.Si, Lurah Penyengat Rendah, Abdul Haris Ramdani S.E, Dosen Pembimbing, Dr. Ir. Ardiyaningsih Puji Lestari, MP dan Dr. Dewi Fortuna, S.TP,MP, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani Penyengat Rendah  serta undangan lainnya.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Hafrida, S.H.,M.H. mengatakan mendukung penuh kegiatan Tim PKK Ormawa Himatektan karena telah membuat sebuah inovasi yang sangat berguna bagi masyarakat. “Seperti yang kita ketahui lahan percontohan yang kita resmikan hari ini menggunakan teknologi dari mahasiswa Himatektan, kegiatan ini memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan lebih lanjut dan dalam waktu yang dekat secara strategis Universitas Jambi tentu memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, kedepan karena kegiatan ini akan menjadi suatu unggulan dari UNJA didalam perlombaan PKK Ormawa kedepan, mudah-mudahan ini bisa memberikan peluang bagi UNJA untuk berprestasi secara nasional dan mengulangi prestasi-prestasi sebelumnya yang telah dilakukan kakak-kakaknya terdahulu,”ujar Prof. Hafrida.

 

Dekan Faperta Dr. Forst. Bambang Irawan, S.P.,M.Sc.IPU PKK Ormawa Himatektan merupakan salah satu program unggulan dari 11 program yang didapat oleh Fakultas Pertanian UNJA, pada tahun 2024 ini UNJA mendapatkan 11 program PKK Ormawa  2 diantaranya didapat oleh Fakultas Pertanian UNJA. “Sebagai lembaga perguruan tinggi kita punya kewajiban juga untuk menyediakan teknologi bagi masyarakat dan menurut kami teknologi ini yang tepat karena menjembatani kebutuhan pertanian perkotaan dengan lahan terbatas dan dengan teknologi ini dapat memanfaatkan waktu walaupun dengan lahan sempit sehingga Pertanian dapat optimal dan lebih produktif,”ucap Dr. Bambang Irawan.

 

Lurah Penyengat Rendah, Abdul Haris Ramdani S.E menyambut baik program yang dijalankan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian di Kelurahan Penyengat Rendah. “Kami dari kelurahan sangat mendukung penuh program yang dilakukan anak-anak UNJA di bidang pertanian dan PKK Ormawa Himatektan semoga kedepan lebih berkembang dan maju lagi karena kita melihat anak-anak sekarang kurang mau terjun ke bidang pertanian dengan adanya teknologi ini semoga anak-anak generasi milenial bisa beralih ke pertanian yang menggunakan teknologi,”ungkap Abdul Haris Ramdani.

 

Dosen Pembimbing, Dr. Ir. Ardiyaningsih Puji Lestari, MP pada kegiatan peresmian juga mengatakan bahwa mahasiswa PKK Ormawa Himatektan sudah melaksanakan kegiatannya sejak Juli 2024 lalu. “Sekarang mereka sudah memiliki hasilnya yaitu dengan menggunakan teknologi pertanian yang memudahkan para petani maupun masyarakat lainnya untuk menyiram tanamannya dan tidak harus berada di lahan pertanian tetapi dengan menggunakan handphone maka tanaman bisa disiram sesuai dengan waktunya, dan ini tidak hanya untuk cabai tetapi semua jenis tanaman,”ujarnya.

 

Di Akhir kegiatan dilaksanakan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Hafrida didampingi undangan lainnya sebagai tanda dibukanya kebun percontohan  penerapan Inovasi teknologi pertanian pada budidaya dan pengolahan cabai dalam mendukung gerak nasional tanam (Gertam) Cabai di kelurahan Penyengat Rendah. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: