>

OJK Provinsi Jambi Gelar Acara Puncak Hari Indonesia Menabung Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024

OJK Provinsi Jambi Gelar Acara Puncak Hari Indonesia Menabung Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024

Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata usai menyerahkan Simpanan pelajar kepada perwakilan pelajar SD, SLB, SMP dan SMA--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Jasa Keuangan Provinsi Jambi, menggelar acara puncak Hari Indonesia Menabung (HIM) tingkat Provinsi Jambi, kegiatan ini dilaksanakan di GOR Kotabaru.

Selain dihadiri langsung Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata, turut hadir Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman, Kepala KPw Bank Indonesia, Kepala DJPb Provinsi jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Dirut Bank Jambi, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Asisten 2 Setda Provinsi Jambi, Staf Ahli Walikota Jambi, Kepala Kemenag Kota Jambi, Kepala OPD lingkup Pemprov dan Pemkot Jambi, Pimpinan Industri Jasa Keuangan, guru pendamping, siswa dan siswi SD, SM sederajat dan SMA sederajat.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata dalam sambutannya mengatakan, kolaborasi kegiatan OJK dan IJK ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta inklusi keuangan bagi masyarakat di Provinsi Jambi, tidak terkecuali generasi muda.


Foto bersama Sekda, Kepala OJK Provinsi Jambi, KPw BI Jambi, Kepala DJPb Jambi, Staf Ahli Walikota, Dirut Bank Jambi dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi--

“Sebagaimana dicanangkan pak Presiden, indeks inklusi nasional diakhir tahun 2024 ditargetkan mencapai 90 persen, per awal tahun 2024, indek literasi nasional baru di angka 65,43 persen, dan indeks inklusi mencapai 75 persen, sehingga diperlukan upaya yang lebih maksimal agar target tersebut dapat tercapai,” tegas Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata kemarin (22/8).

OJK bersama kementerian terkait, IJK dan stakeholder terkait terus melakukan berbagai kampanye terhadap industri keuangan dan menggalakan menabung sejak dini, agar generasi muda memiliki motivasi menabung diperbankan. Pihaknya pun bersama IJK memiliki program satu rekening satu pelajar (Kejar). Rangkaian kegiatan HIM tingkat Provinsi Jambi ini telah dilaksanakan sejak bulan Juli lalu, dan puncak kegiatan dilaksanakan hari ini (kemarin).

“Kami telah mendatangi 152 sekolah, melakukan edukasi peserta sebanyak 1.351 pelajar, pembukaan rekening simpel sebanyak 14.099, dengan nominal Rp 550 juta lebih,” urainya.


Sambutan Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman--

“Kami mengajak generasi muda untuk tidak tergiur dengan gaya hidup yang tidak produktif, mengantisiapsi penawaran investasi ilegal terasuk menjauhkan diri dari judi online. Belajar literasi keuangan bagi genarasi muda adalah keharusan untuk membantu masa depan dan terhindar dari jebakan yang akan menghambat cita-cita pelajar, terima kasih kepad semua pihak yang telah mendukung program kami,” ujarnya.

Dalam upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, terdapat beberapa tantangan nasional yang dihadapi, utamanya Indonesia memiliki kondisi demografis yang besar dan geografis yang luas, dengan jumlah populasi masyarakat Indonesia mencapai sekitar 6 279 juta yang tersebar di berbagai pulau, 514 Kabupaten/Kota, 7.277 Kecamatan, dan 83.761 Kelurahan/Desa. Kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang dilaksanakan baik oleh OJK, Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), maupun stakeholders terkait lainnya saat ini masih belum sepenuhnya dilakukan secara masif dan merata untuk seluruh kelompok masyarakat, serta masih terkonsentrasi di wilayah tertentu.


4. Sambutan Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata--

Sebagai upaya menjawab tantangan tersebut, dan dalam rangka mendukung pelaksanaan program literasi dan inklusi keuangan yang masif dan merata, OJK menginisiasi adanya kolaborasi dan sinergi kegiatan literasi dan inklusi keuangan oleh seluruh Kementerian/Lembaga, PUJK, dan stakeholders terkait melalui pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) pada momentum Hari Indonesia Menabung yang akan menjadi program nasional di bawah koordinasi Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI).

Sementara, Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, S.H.,M.H dalam sambutannya mengapresiasi OJK Provinsi Jambi, yang telah menyelenggarakan HMI, untuk kemudian menyebarluasakan kepada masyarakat prilaku kegunaan uang melalui kegiatan menabung, dan mendorong kembali ciri khas masyarakat Indonesia yang gemar menabung.

“Peringatan HIM bagian dari startegi nasional untuk meningkatkna literasi dan inklusi keuangan di Indonesia termasuk di Provinsi Jambi. Momentum HIM dapat dimanfaatkan bagi orang tua dan guru untuk memberikan contoh menabung, harapan kami dari kegiatan ini akan berdampak bagi generasi muda munculnya semangat baru dari pelajar untuk menabung diperbankan, dan perbankan untuk aktif mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Jambi,” tandas Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: