>

Pj Bupati Merangin Bersama Forkopimda dan OPD, Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Pj Bupati Merangin Bersama Forkopimda dan OPD, Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Pj Bupati Merangin Bersama Forkopimda dan OPD, Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI--

BANGKO, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024, digelar Sidang tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI - DPD RI tahun 2024, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Jokowi, Jumat (16/8).

Pj Bupati Merangin H Mukti bersama Sekda Merangin Fajarman, unsur Forkopimda dan para kepala OPD di jajaran Pemkab Merangin, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Jokowi tersebut, pada Sidang Paripurna di Gedung DPRD Merangin

Presiden Republik Indonesia Jokowi dalam pidatonya mengatakan, Indonesia sebuah bangsa yang terbukti punya daya tahan dalam menghadapi Covid-19 dan perubahan iklim serta dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas.

‘’Patut kita syukuri, Alhamdulillah Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang ekonominya mampu pulih lebih cepat bahkan terus bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi kita terjaga dikisaran 5% walau banyak negara lain tidak tumbuh atau melambat,’’ujar Presiden Jokowi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian timur lanjut Jokowi, seperti Papua dan Maluku justru ekonominya mampu tumbuh di atas 6% dan Maluku Utara mampu tumbuh diatas 20%.

Begitu juga jelas Presiden, Inflasi Indonesia juga sangat terkendali dikisaran 2% sampai 3% saat banyak negara lain mengalami kenaikan inflasi yang luar biasa, bahkan ada yang mengalami kenaikan hingga 200%.

‘’Angka kemiskinan ektrim mampu kita turunkan dari sebelumnya 6,1% menjadi 0,8% ditahun 2024 dan angka Stanting juga mampu kita kurangin dari sebelumnya 37% menjadi 21,5% di tahun 2023,’’jelas Jokowi.

Sedangkan tingkat pengangguran juga mampu ditekan dari sebelumnya 5,7% menjadi 4,8% di tahun 2024. Upaya perlindungan masyarakat dari ekonomi bawah juga telah memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

Dana Rp 361 trilyun anggaran Kantu Indonesia Sehat selama 10 tahun ini telah digunakan untuk layanan kesehatan lebih dari 92 juta peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), mulai dari usia dini sampai lansia yang tersebar di seluruh Indonesia.

‘’Rp 113 trilyun anggaran Kartu Indonesia Pintar selama 10 tahun ini telah digunakan untuk pendidikan lebih dari 20 juta siswa pertahun, mulai dari jenjang pendidikan SD sampai SMA sederajat di seluruh Tanah Air Indoensaia,’’terang Presiden.

Mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Jokowi pada Sidang tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI - DPD RI tahun 2024 tersebut, di Gedung DPRD Merangin berlangsung khidmat.

Mendengarkan pidato Presiden RI Jokowi akan dilanjutkan pukul 13.00 WIB, pada Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2024-2025 dengan agenda penyampaian keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2025 beserta Nota Keuangaanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: