>

Evakuasi Tragis: Dua Korban Tenggelam dalam Sumur di Kota Jambi

Evakuasi Tragis: Dua Korban Tenggelam dalam Sumur di Kota Jambi

Evakuasi Tragis: Dua Korban Tenggelam dalam Sumur di Kota Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Sebuah insiden tragis terjadi di RT.10, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, di mana dua orang ditemukan tenggelam dalam sumur.

Laporan mengenai kejadian ini diterima oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) pada pukul 19.48 WIB.

Menurut laporan, kedua korban, yang diidentifikasi sebagai Raden Herman dan Suhaimi, tengah menggali sumur dengan kedalaman 12 meter karena kekeringan. Akibat kedalaman sumur dan adanya bau gas serta minyak, oksigen di dalam sumur menjadi sangat terbatas, menyebabkan kedua korban tidak bisa bertahan.

Tim Damkartan, dipimpin oleh Kepala Dinas Mustari Affandi dan didampingi sejumlah personel, tiba di lokasi dalam waktu lima menit setelah menerima laporan. Dengan menggunakan peralatan khusus seperti pulley double, tali karmantel, dan SCBA, tim berhasil mengevakuasi kedua korban dalam waktu 48 menit. 

Sayangnya, upaya penyelamatan tidak berhasil menyelamatkan nyawa kedua korban, yang ditemukan sudah meninggal dunia saat berhasil diangkat ke permukaan. 

"Setelah proses evakuasi selesai, jenazah diserahkan kepada pihak keluarga di hadapan Camat Telanaipura dan Kapolsek Telanaipura," kata Kepala Dinas Damkar yang, Mustari Affandi, Selasa malam (13/8/2024). 

Operasi ini sebut Mustari, berlangsung lancar meskipun tim menghadapi beberapa hambatan, termasuk kedalaman sumur, bau gas, dan kerumunan warga. 

"Pelayanan evakuasi dilakukan dengan mengacu pada Permendagri No. 114 Tahun 2018 mengenai standar teknis SPM Sub Urusan Kebakaran Daerah Kab/Kota. Tidak ada cidera pada petugas dalam operasi ini. Tim Damkartan kembali ke markas pada pukul 21.39 WIB," pungkasnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: