>

Calon Praja IPDN 2024, Jatah Provinsi Jambi 14 Orang

Calon Praja IPDN 2024, Jatah Provinsi Jambi 14 Orang

Gubernur Jambi Al Haris-Foto: Istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Seleksi Penerimaan Calon Praja (SCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2024, saat ini sedang berlangsung.

Para pelamar yang juga diikuti anak  Jambi ini, tengah menunggu pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) Agustus ini. 

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lulus, berhak melanjutkan ke tahapan tes kesehatan di bulan Agustus ini juga. 

Untuk Provinsi Jambi sendiri, pada tahun ini memiliki kuota hanya untuk 14 orang, tentunya, persaingan sangat ketat.

 Kekhawatiran para orang tua calon Praja, mengenai kemurnian hasil seleksi juga tak bisa terhindarkan. Meskipun SKD dilakukan secara CAT, namun untuk tes kesehatan dan wawancara, dikhawatirkan menjadi celah untuk masuknya calon Praja titipan. 

Mengenai hal itu, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan orang tua calon Praja diminta untuk ikut mengawal proses seleksi ini. 

Al Haris mengatakan, saat ini, proses seleksi IPDN menggunakan sistem CAT. Artinya, seluruh nilai calon Praja, masuk ke sistem dan akan diurutkan secara otomatis. Apakah nilai atau skor calon Praja tersebut melewati passing grade atau tidak. 

"Sekarang sudah sistem CAT. Nilai bisa diketahui, ada passing gradenya. Pengalaman kita selama ini, ketika nilainya melewati passing grade, itu sangat besar kemungkinan diterima, meskipun saingan masih ada. Namun, kalau nilainya turun di bawah passing grade, itu tidak bisa dibantu bagaimanapun  caranya," sampainya. 

Terkait dengan tes kesehatan yang menjadi kekhawatiran orang tua akan adanya calon Praja titipan, Al Haris mengatakan, orang tua bisa membantu mengawal prosesnya. 

"Ketika tes kesehatan itu, pastikan betul apakah ada penyakit anak itu, apa sakitnya. Kalau memang tidak ada masalah, dan dinyatakan tidak lulus tes kesehatan, kita bisa komplen nanti," katanya. 

Calon Praja yang dinyatakan lulus tes kesehatan itu, selanjutnya akan mengikuti tes psikologi, kemudian tes integritas, dan kejujuran. Bulan Agustus ini, 14 Calon Praja IPDN asal Jambi juga diumumkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: