>

Lahan Eks PETI Seluas 355 Ha di Merangin Akan Jadi Sawah, Pj Bupati Dukung Program Polda Jambi

Lahan Eks PETI Seluas 355 Ha di Merangin Akan Jadi Sawah, Pj Bupati Dukung Program Polda Jambi

Lahan Eks PETI Seluas 355 Ha di Merangin Akan Jadi Sawah, Pj Bupati Dukung Program Polda Jambi--

BANGKO, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Lahan eks Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang luasnya mencapai 355 hektar di Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin, sedang dalam tahap pengelolaan menjadi petak sawah.

Program Polda Jambi yang didukung sepenuhnya oleh Pemkab Merangin tersebut, bahkan seluas 43 hektar diantaranya yang berada di Desa Sungai Jering Kecamatan Pangkalan Jambu, saat ini sudah menjadi sawah yang menguning.

Sedangkan sisanya masih dalam tahap pengerjaan pencetakan sawah baru, yang sebentar lagi sudah siap untuk ditanami padi sawah. Ada dua jenis padi yang ditanam di petak sawah eks PETI itu, jenis Cihera dan Infariti 32.

‘’Berdasarkan keterangan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Merangin, untuk satu hektar sawah bisa menghasilkan lima sampai enam ton,’’ujar Pj Bupati di sela-sela kunjungan kerjanya ke eks lahan PETI tersebut, Selasa (30/7

Sedangkan sawah sebelumnya lanjut H Mukti, hanya menghasilkan tiga sampai empat ton perhektarnya. Artinya hasil panen dari pencetakan sawah baru lahan eks PETI tersebut, lebih banyak dari hasil panen sawah sebelumnya.

‘’Bisa dibayangkan kalau lima ton perhektar dikali 355 hektar, hasilnya sudah mencapai 1.775 ton. Itu baru sekali panen, ini dalam setahun bisa dua kali panen, sehingga Merangin bisa swasembada pangan,’’terang H Mukti.

Untuk itu Pj bupati mengajak masyarakat untuk beramai-ramai turun ke sawah menanam padi, sehingga kedepan Kabupaten Merangin tidak lagi mendatangkan beras dari kabupaten atau provinsi lainnya.

Selain itu H Mukti mengajak masyarakat juga untuk membuat kolam-kolam ikan di lahan eks PETI tersebut, sehingga nanti Kabupaten Merangin bisa menjadi percontohan baik tanaman padi maupun pemeliharaan kolam

Ditegaskan H Mukti, jadi adanya anggapan selama ini lahan eks PETI jika ditanami padi akan mati dan di buat kolam ikannya tidak bisa hidup itu sangatlah tidak benar dan salah besar anggapan tersebut.

Lahan eks PETI itu sambung Pj bupati, akan membawa manfaat besar bagi masyarakat bila diolah dengan baik dan sungguh-sungguh. Di lokasi tersebut Pemkab Merangin akan membangun pintu air dan rehabilitasi irigasi.

Sedangkan bantuan yang sudah diberikan berupa bibit padi, hentraktor kecil, pompa air, mesin rumput. Pemkab Merangin sangat berbahagia hari karena masyarakat berhasil mengolah lahan eks PETI menjadi sawah yang menguning.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: